Pemudik terbantu ikuti balik gratis Jasa Raharja

Pemudik terbantu ikuti balik gratis Jasa Raharja

Kapolda Provinsi Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono (kiri) dan Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo (kanan) tengah meninjau kesiapan bus sebelum berangkat dalam program Balik Mudik Gratis BUMN 2018 yang dipimpin Jasa Raharjadi Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Sabtu (Antara/Genta Tenri Mawangi)

Boyolali (Antara News) - Sejumlah pemudik mengaku terbantu oleh program balik bareng gratis yang disediakan PT Jasa Raharja (Persero), karena mereka tidak lagi dibebani biaya tinggi pulang ke kampung halaman, dan kembali ke ibukota.
Sri (43), ibu dari dua anak yang ditemui di tengah ribuan peserta mengatakan program mudik dan balik bareng memungkinkan ia sekeluarga untuk pulang ke kampung halamannya di Klaten, Jawa Tengah, dan kembali ke Jakarta tiap tahunnya.
"Biaya-nya per orang sekitar Rp500 ribu untuk bus, saya ada empat orang, itu baru balik, belum kemarin mudik. Ongkosnya sekitar Rp4 juta untuk pulang dan perlu," kata Sri saat ditemui bersama anak bungsunya Imelda (10) di lokasi pemberangkatan, Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Sabtu.
Selama empat tahun terakhir, Sri menambahkan, ia bersama suami dan dua orang anaknya rutin mengikuti program mudik dan balik gratis dari PT Jasa Raharja.
"Tiap tahun makin bagus. Pelayanannya membaik. Dari busnya, sampai fasilitas yang disediakan," jelas Sri.
Di lokasi pemberangkatan balik bareng dengan bus yang dipusatkan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Sabtu, PT Jasa Raharja menyediakan posko layanan kesehatan gratis bersama Polres Boyolali. Layanan kesehatan standar seperti cek tensi darah tersedia untuk pengemudi dan penumpang.
Di samping itu, penyelenggara juga menyediakan hiburan musik dan tarian untuk para peserta balik bareng gratis sebelum berangkat dengan bus pada Sabtu pagi.
Untuk program balik bareng gratis dari keberangkatan Kota Solo dan wilayah sekitar, PT Jasa Raharja mencatat jumlah peserta mencapai 3.614 orang. Ribuan peserta itu akan diberangkatkan dengan 70 bus pariwisata menuju Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.
"Peserta didominasi keluarga, jarang ada yang sendiri," kata Surya, panitia registrasi keberangkatan yang ditemui di lokasi pemberangkatan.
Keberangkatan ribuan peserta balik bareng gratis yang menaiki bus dari Asrama Haji Donohudan nantinya akan dilepas oleh Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo Slamet bersama pejabat dari Kabupaten Boyolali.
Untuk keberangkatan Kota Solo, di samping bus, PT Jasa Raharja juga menyediakan empat rangkaian kereta api yang akan diberangkatkan dari Stasiun Purwosari, Sabtu sore.
Acara balik bareng gratis PT Jasa Raharja merupakan bagian dari program Mudik Bareng Guyub Rukun yang diselenggarakan bersama oleh
62 BUMN.
"Dalam program Mudik Bareng Guyub Rukun 62 BUMN, ada sekitar 206.209 ribu peserta yang diberangkatkan dengan bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat," kata Isman Danial, Koordinator Protokoler dan Hubungan Masyarakat PT Jasa Raharja (JR).
Partisipasi Jasa Raharja sendiri sebagai koordinator ikut memulangkan dan mengembalikan sekitar 38.040 pemudik dengan 620 bis, dua kapal laut, dan delapan rangkaian kereta api dari berbagai provinsi di Indonesia.
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2018