P&G tingkatkan kesetaraan gender lewat iklan di ajang 2018 Cannes Lions Festival of Creativity

Luncurkan kemitraan strategis dengan nama-nama besar di industri media dan hiburan seperti Queen Latifah dan Katie Couric

CANNES, Perancis (Antara/BUSINESS WIRE) --  Procter & Gamble Company (NYSE: PG) hari ini meningkatkan komitmennya terhadap kesetaraan gender melalui serangkaian upaya dan kemitraan untuk mendorong keberagaman melalui rantai pasokan yang kreatif. Hal ini diharapakan dapat mendorong terciptanya penggambaran kaum wanita yang lebih akurat dan positif di industri periklanan dan media, serta memberi dampak pada pertumbuhan bisnis dan masyarakat secara luas.

Wanita dan perempuan digambarkan secara tidak akurat dan bahkan cenderung negatif pada 29 persen iklan dan program media*, dan hal ini terus bergulir: kaum wanita hanya menjabat 32 persen sebagai Direktur Pemasaran, 33 persen sebagai Direktur Kreatif, dan hanya 10 persen sebagai Direktur Komersial. Meskipun isu ini terus bergulir, fakta di lapangan menyebutkan kalau iklan yang mendukung kesetaraan gender mampu meraih kepercayaan publik 10 persen lebih baik dan 26 persen lebih tinggi pada pertumbuhan penjualan*.

Untuk mulai mengikis permasalahan ini, P&G telah berupaya untuk mengembangkan periklanan dan media dengan gambaran tentang kaum wanita yang 100 persen akurat dan positif, yang didukung oleh partisipasi seimbang antara kaum wanita dan laki-laki dalam sektor rantai pasokan. P&G siap untuk melaksanakan serangkaian upaya untuk membangun, mendukung, dan menghubungkan jaringan bakat kaum wanita di bidang periklanan, media dan konten sebagai solusi yang sistemik. Menyadari pentingnya partisipasi penuh dari industri, P&G turut serta menggandeng gerakan #SeeHer yang dicetuskan oleh Asosiasi Pengiklan Nasional Amerika Serikat (ANA) dan sejumlah inisiatif industri lainnya, seperti UN Women Unstereotype Alliance, dan mengajak lebih banyak pengiklan, agensi periklanan, dan pengembang konten lainnya untuk mendorong perubahan pada seluruh ekosistem komersial.

"Kami berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam mendorong kesetaraan gender di industri periklanan, media dan kreatif dalam lima tahun ke depan," ujar Chief Brand Officer Procter & Gamble Marc Pritchard. "Kami juga tahu kalau tidak ada perusahaan yang dapat melakukannya sendiri. Oleh karena itu, kami berharap dapat menginspirasikan perusahaan-perusahaan lain untuk menjadi agen perubahan untuk mendorong hadirnya perubahan."

Sebagai bagian dari komitmen, P&G telah mengumumkan kerjasama dengan sejumlah pemberi pengaruh terkemuka untuk mendorong terciptanya partisipasi perempuan-laki-laki yang seimbang dan gambaran kaum wanita yang positif di media:

- The Queen Collective: Peraih nominasi Oscar dan pemenang Golden Globe, Emmy, dan SAG Award, Queen Latifah, bersama rumah produksinya, Flavor Unit dan Queen Collective, siap mendukung terwujudnya kesetaraan gender dan ras di layar kaca. Dengan mengembangkan jaringan distribusi film-film yang dibuat oleh para sutradara wanita, Queen Latifah berhasil menerobos batasan-batasan di musik, film, dan berbagai karya seni lainnya. Sebagai langkah awal, inisiatif ini akan membantu mendistribusikan dua judul film karya dua sutradara wanita melalui salah satu mitra distributor ternama. Pada 2016, hanya terdapat empat persen sutradara wanita dalam daftar 250 film berpenghasilan tertinggi. Hal ini menjadi tantangan tak hanya di film, tapi juga medium lainnya seperti periklanan. Queen Collective akan mendukung upaya para sutradara wanita bersama para mitra lainnya seperti P&G, HP, Inc., Smirnoff, Wieden+Kennedy, Marina Maher Communications / Ketchum +, United Talent Agency Marketing, dan Tribeca Studios.

- Katie Couric Media: Jurnalis senior Katie Couric akan bekerjasama dengan sejumlah sponsor yang memiliki platform distribusi untuk menciptakan konten yang pintar, lugas, dan inspiratif. Terinspirasi oleh keterlibatannya di dalam dewan penasihat #SeeHer, Couric akan bermitra dengan sejumlah merek besar untuk bahu-membahu menciptakan konten yang merefleksikan nilai timbal balik dan komitmen terhadap isu-isu penting. Katie Couric Media akan digawangi oleh tim yang mayoritas diisi wanita untuk memproduksi dan mendistribusi beragam cerita dalam berbagai format yang memanfaatkan kekuatan dan jangkauan lanskap media yang terus berevolusi, diantaranya seperti seri digital, dokumenter, proyek bernaskah, podcast, dan program yang ditayangkan secara langsung pada platform-platform yang menjangkau target audiens yang tepat.

- Free The Bid: Didirikan oleh Alma Har'el yang didorong oleh pengalaman pribadinya melihat begitu kurangnya kesempatan bagi para sutradara wanita di industri periklanan, organisasi ini mendukung terciptanya kesempatan kerja yang setara di industri periklanan. P&G dan portofolio mereknya berkomitmen untuk mempekerjakan sutradara wanita pada proyek iklan triple-bid apapun. Secara paralel, mitra agensi P&G yang terbesar, Publicis Groupe, memperluas komitmennya untuk diimplementasi pada seluruh agensi dan jaringannya di seluruh dunia. P&G juga telah berkomitmen untuk membantu memperluas jangkauan Free The Bid ke seluruh dunia selama tiga tahun ke depan yang akan bermitra dengan HP Inc., dan Publicis Groupe untuk melipatgandakan jumlah sutradara Free The Bid dan memperluas ke 20 negara.

- #SheIsEqual Summit: Untuk membagi kisah sukses dan menginspirasi terwujudnya kesetaraan gender, Global Citizen dan P&G akan bekerjasama dan menyelenggarakan #SheIsEqual Summit perdana pada 28 September 2018 di New York selama perhelatan Pertemuan Majelis Umum PBB. Event ini akan dihadiri banyak kepala pemerintahan, pimpinan perusahaan multinasional, dan pemberi pengaruh dari periklanan, media, dan hiburan untuk berbagai perspektif seputar kesetaraan gender, pemberdayaan wanita di sektor ekonomi, pendidikan dan advokasi untuk perempuan lewat partisipasi kaum wanita di industri media, pemasaran, teknologi, dan hiburan. Jury President Glass Lion dan Ketua See It Be It Madonna Badger akan mengkurasi "Creative Showcase" bersama CEO Cannes Lions Phillip Thomas untuk menyoroti dan merayakan berbagai karya terbaik dari 2018 Glass Lions dan kompetisi SDG Lions terbaru yang secara positif menggambarkan dunia yang setara. Inisiatif #SeeHer dari ANA akan menghadirkan sesi diskusi yang membahas peran media dalam masyarakat dan pentingnya representasi wanita dan perempuan yang akurat di industri hiburan.

"Kesetaraan gender itu bagus untuk masyarakat dan bisnis," ungkap Pritchard. "Beberapa merek unggulan P&G memiliki kampanye periklanan yang mengangkat kesetaraan gender - Always Like a Girl, SKII Change Destiny, Olay Live Fearlesslyserta Tide, Ariel, Dawn, dan Swiffer, yang semuanya menunjukan kaum pria turut mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Jadi, mempromosikan kesetaraan gender tidak sekedar untuk kebaikan, tapi juga untuk pertumbuhan bisnis."

"Saya terjun di industri hiburan sudah puluhan tahun, dan saya tahu betul menggambarkan kaum wanita - khususnya dengan kulit berwarna - dengan cara yang sebaik-baiknya membutuhkan kerjasama tim, baik yang berada di depan maupun belakang kamera. Bila kita memiliki tim kerja wanita di belakang kamera dari beragam latar belakang, kita akan dapat menyusun cerita dengan konten yang lebih dalam dan lebih jujur," papar Queen Latifah.

"Selama karir saya, saya telah bekerja di banyak media, memberitakan berbagai jenis berita. Katie Couric Media memiliki misi untuk memiliki tim yang mayoritas wanita dengan menggandeng merek-merek terkemuka yang memiliki nilai yang sama dengan kami untuk mengembangkan konten yang dapat membantu masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari dan memperkaya kehidupan mereka," kata Katie Couric.

*Studi dari #SeeHer yang dicetuskan oleh Asosiasi Pengiklan Nasional Amerika Serikat

Tentang Procter & Gamble

P&G melayani konsumen di seluruh dunia dengan portfolio terkuat brand terpercaya, berkualitas, dan terkemuka, di antaranya  Always, Ambi Pur, Ariel, Bounty, Charmin, Crest, Dawn, Downy, Fairy, Febreze, Gain, Gillette, Head & Shoulders, Lenor, Olay, Oral-B, Pampers, Pantene, SK-II, Tide, Vicks, dan Whisper. Komunitas P&G mencakup operasi di sekitar 70 negara. Untuk berita terkini serta informasi tentang P&G dan brand-brandnya, silakan kunjungi http://ww.pg.com.

Lihat versi aslinya di businesswire.com:  https://www.businesswire.com/news/home/20180618005590/en/
 
Kontak
P&G Global Communications
Tressie Rose, +1 513-983-4929
Rose.t.8@pg.com

Sumber: The Procter & Gamble Company

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.


Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2018