Para peserta Mudik Gratis Bareng BUMN 2018 diminta siapkan dokumen asli

Pewarta : PR Wire

Para peserta Mudik Gratis Bareng BUMN 2018 diminta siapkan dokumen asli

Mudik Gratis Bareng BUMN 2018

Jakarta (Antara News) - Ketua Satuan Tugas Mudik BUMN 2018 sekaligus Direktur Utama PT. Jasa Raharja (Persero), Budi Rahardjo Slamet, menghimbau para calon peserta “Mudik Gratis Bareng BUMN 2018” agar menyiapkan dokumen asli saat verifikasi dokumen.

Acara verifikasi dokumen akan diselenggarakan pada 15-19 Mei 2018 di Gedung Nyi Ageng Serang Jl HR Rasuna Said Kav C 22 Jakarta 12920. “Untuk para pemudik yang telah terdaftar dan mendapatkan kode Booking Mudik Bareng BUMN Moda Bus, maka telah dikirimkan SMS pemberitahuan atau notifikasi perihal jadwal untuk verifikasi dokumen,” kata Budi.

Budi melanjutkan, para peserta mudik ketika verifikasi wajib membawa dokumen asli dan rangkap foto kopi satu lembar. “Dokumen-dokumen tersebut masa berlakunya masih aktif,” jelasnya.

Dokumen tersebut antara lain: STNK Sepeda Motor, SIM C, KTP, dan Kartu Keluarga.

Budi juga mengatakan, hingga kini jumlah peserta program Mudik Gratis Bareng BUMN telah mencapai 203.980 orang, melebihi target Kementerian BUMN dengan kuota awal sebanyak 200.000 orang.

"Hingga kini permintaan BUMN untuk memberangkatkan pemudik terus meningkat. Dari jumlah 62 BUMN yang menyediakan kursi untuk Mudik Gratis Bareng BUMN juga sudah melewati angka 200.000 orang," katanya.

Peningkatan jumlah pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman meningkat lebih dari 75,93 persen dibanding realisasi pemudik tahun 2017. Demikian juga jumlah kota tujuan mudik juga meningkat menjadi 108 kota tujuan, atau meningkat sekitar 28 persen dibanding tahun 2017.

"Selama ini tujuan program mudik BUMN cenderung hanya ke kota-kota di Pulau Jawa, namun sekarang wilayah tujuan diperluas dari barat sampai ke timur wilayah Indonesia," ujarnya.

Pemudik diberangkatkan dengan menggunakan moda transportasi bus, kapal laut, kereta api dan pesawat udara.

"Jasa Raharja selaku koordinator penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN tentu akan melakukan peningkatan kualitas program yang telah dilaksanakan untuk ke empat kalinya ini," ujarnya.

Demikian juga BUMN yang akan memberangkatkan pemudik juga tentu ingin kegiatan ini memberikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan mudik, pergi dan pulang kembali ke kota asalnya.

Program Mudik Gratis Bareng BUMN, dalam menyambut mudik Lebaran 2018 dijadwalkan pelaksanaannya dilakukan pada 9 Juni 2019 di Parkir Pantai Carnaval, Ancol, Jakarta.

Untuk mempermudah koordinasi antar BUMN dan pendaftaran para pemudik, Jasa Raharja telah meluncurkan aplikasi dan Website Mudik Bareng BUMN (http://mudik.bumn.go.id).

"Situs ini bisa memantau kegiatan dan pendaftaran para calon pemudik dari masing-masing BUMN yang dibuka mulai periode April sampai dengan Juni 2018," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Teknologi Informasi & Komunikasi Jasa Raharja Tri Haryanto mengatakan, sebagai BUMN yang ditunjuk pemerintah menjadi koordinator program Mudik Bareng BUMN 2018, PT Jasa Raharja (Persero) mengandalkan teknologi cloud dengan antarmuka pengguna yang mudah digunakan untuk mengelola data pemudik.

"Sesuai instruksi ibu Menteri Rini agar lebih mudah digunakan oleh calon pemudik dan lebih mudah dipantau progresnya setiap harinya oleh pihak Kementerian BUMN," ujar Tri.

Tri melanjutkan, sebagaimana proses penggunaan aplikasi-aplikasi reservasi pemesanan tiket transportasi terkemuka, calon pemudik dapat mengunjungi situs www.mudikbarengbumn.co.id dan kemudian memilih kota tujuan. Setelah itu, calon penumpang tinggal memilih opsi moda transportasi dengan jadwal dan kota keberangkatan yang dikehendaki.

"Kami ingin pemudik mendapatkan pengalaman mudik sebagaimana yang mereka dapatkan pada aplikasi-aplikasi reservasi tiket online terkemuka," ungkap Tri.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan pelepasan pemudik pada tanggal 9 Juni 2018 di Parkiran Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara. Sementara arus balik diagendakan berlangsung pada tanggal 23 Juni 2018 di Asrama Haji Donohudan, Surakarta, Jawa Tengah.
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017