29 ribu LTSHE terpasang di kabupaten Lanny Jaya, Papua

29 ribu LTSHE terpasang di kabupaten Lanny Jaya, Papua

Dirjen EBTKE Rida Mulyana melakukan penyerahan simbolis lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) kepada perwakilan masyarakat kabupaten Lanny Jaya, Papua, Kamis (15/2) (Antara)

Lanny Jaya, Papua (Antara News) -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) memasang 29.155 unit lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) di 21 distrik di kabupaten Lanny Jaya, provinsi Papua.

20.851 unit LTSHE telah terpasang di 15 distrik sedangkan 8.304 unit sisanya akan segera terpasang di enam distrik yakni Distrik Balingga, Distrik Ayumnati, Distrik Melagi, Distrik Goa Balim, Distrik Guna dan Distrik Dimba.

"Ini adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk wujudkan energi berkeadilan, energi layak yang dapat dinikmati saudara-saudara kita di Papua," ujar Dirjen EBTKE Rida Mulyana dalam sambutanya, di Lanny Jaya, Kamis (15/2).

Rida melanjutkan, pemasangan LTSHE merupakan upaya elektrifikasi sementara sambil menunggu terpasangnya transmisi listrik permanen dari PLN. "Saya mendorong Pemda Lanny Jaya agar mengusulkan listrik yang berada di Wamena agar dapat diperluas kesini," lanjutnya.

Rida juga mengungkapkan bahwa Kabupaten Lanny Jaya berpotensi untuk dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), melihat potensi air yang sangat besar di wilayah ini.

"Agar segera dilakukan feasibility study dan selanjutnya Pemda mengusulkan ke kementerian ESDM untuk membangun PLTA," pungkasnya.
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2018