Kementerian ESDM bagikan 1.375 konverter kit gratis di Makassar

Kementerian ESDM bagikan 1.375 konverter kit gratis di Makassar

Menteri ESDM Ignasius Jonan (kedua dari kiri bawah) berfoto bersama Anggota Komisi VII DPR RI Yuliani Paris (kiri bawah), sejumlah pejabat dari Pemkot Makassar, dan para nelayan setelah penyerahan 1.375 konverter kit gratis di Makassar, Jumat (29/9) (Antara)

Makassar (Antara) -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membagikan 1.375 konverter kit (konkit) gratis kepada para nelayan kecil di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (29/9). Penyerahan konkit diberikan langsung oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan, didampingi oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Ego Syahrial dan Anggota Komisi VII DPR RI Yuliani Paris.

Penggunaan energi bersih, murah, dan ramah lingkungan terus dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan ketahanan energi. Hal ini terus digalakkan pemerintah dengan melakukan konversi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan bahan bakar gas (BBG) dan menggalakkan penggunaan energi terbarukan (EBT).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, penggunaan gas akan membuat nelayan berhemat sehingga akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan. "Sekali melaut nanti akan menghemat sekitar Rp 30.000 hingga Rp 50.000 dari biaya saat menggunakan BBM yang menghabiskan Rp100.000," ujarnya di sela-sela pembagian paket perdana konventer kit BBM-LPG untuk nelayan kecil di Makassar, Jumat (29/9).

Dalam kesempatan itu, pemerintah membagikan sekitar 1.375 konverter kit kepada nelayan kecil yang tersebar di Kota Makassar. Paket konventer ini terdiri dari mesin kapal, konventer kit, dan tabung gas berserta isinya. Kriteria penerima ialah nelayan pemilik kapal kurang dari 5 GT.

Dalam kesempatan itu, Jonan mengatakan wilayah Sulawesi Selatan memiliki potensi besar di bidang energi baik sumber gas ataupun sumber EBT. "Supaya dikembangkan secepatnya," katanya.

Penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan terus mendapat dukungan. "Dengan penggunaan konventer kit ini akan menjaga lingkungan, tidak ada ceceran bahan bakar minyak yang mengotori laut," tukas Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Yuliani Paris.

Tak hanya konversi BBM dengan BBG, penggunaan EBT terus mendapat perhatian pemerintah. Pada Sabtu (30/9), Menteri Jonan dijadwalkan akan melakukan peninjauan ke proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, Sulawesi Selatan. Pengerjaan proyek ini terus dipercepat dan ditargetkan beroperasi akhir tahun ini. PLTB ini merupakan pembangkit listrik angin terbesar di Indonesia yang akan menghasilkan daya 70 megawatt (MW) dengan 30 kincir angin. Pembangkit ini dioperasikan oleh PT UPC Sidrab Bayu Energi.

Pewarta : Andri Setyawan
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017