Bekraf bawa 10 perusahaan gim lokal ke Eropa

Bekraf bawa 10 perusahaan gim lokal ke Eropa

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia saat jumpa pers Archipelageek ke Gamescom 2019 di Jakarta, Rabu (7/8/2019). (ANTARA News/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) akan membawa 10 perusahaan gim asal Tanah Air untuk mengikuti pameran Gamescom 2019 yang berlangsung di Cologne, Jerman, pada 20-24 Agustus.

"Kami mendorong kreator gim ke pasar global," kata Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Simandjuntak, saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Kesepuluh perusahaan gim yang menjadi delegasi Indonesia dalam pameran itu yakni Agate International, MassHive Media, Megaxus Infotech, Wawa Games, Ozysoft Studio, Touchten Games, IESPL, Komodoz, Plexus & Oray Studio dan Eviredea Interactive.

Perusahaan gim tersebut ikut serta dalam program Archipelageek, kegiatan Bekraf di sektor digital termasuk gim, untuk meluaskan pasar ke dunia internasional melalui partisipasi dalam pameran besar dunia.

Gamescom akan menjadi keikutsertaan perdana program Archipelageek di ajang tersebut. Tahun-tahun sebelumnya Bekraf berpartisipasi di Game Connection America, Tokyo dan SXSW, sejak 2017 dan 2018.

Gim merupakan salah satu subsektor yang menjadi prioritas pemerintah karena memiliki banyak potensi untuk dikembangkan.

"Kami lihat potensi pasar luar biasa," kata Joshua.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI), Cipto Adiguno, berpendapat Indonesia sebagai pemain baru harus menyiapkan diri bahwa gim akan menjadi salah satu hiburan arus utama. Pasalnya Indonesia termasuk negara yang banyak membelanjakan uang untuk gim.

"Itu pentingnya kita kembangkan industri lokal. Kalau terlambat, kita hanya jadi pengguna," kata Cipto.

Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Sungkari, menyatakan perusahaan gim yang berangkat ke Gamescom bukan hanya memiliki produk yang siap dipasarkan secara global, tapi juga tim yang siap untuk melangkah ke kancah internasional.

Baca juga: Tingkatkan ekspor, Bekraf ikuti tiga pameran di Amerika Serikat

Baca juga: Bekraf boyong 10 Jenama (IP) karya anak bangsa ke Shanghai

 
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019