Gubernur Jambi diundang ke Jambore Pramuka dunia di AS

Gubernur Jambi diundang ke Jambore Pramuka dunia di AS

Gubernur Jambi Fachrori Umar. (Foto Humas/HO)

Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Fachrori Umar diundang ke Jambore Pramuka tingkat dunia yang biasa disebut Jambore Dunia Ke-24 Tahun 2019 di The Summit Betchel Reserve, Virginia Barat, Amerika Serikat.

Jambore Dunia tersebut diselenggarakan pada 22 Juli sampai dengan 2 Agustus 2019, namun bukan berarti seluruh kegiatan jambore tersebut dihadiri oleh Fachrori.

Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Johansyah, di Jambi, Minggu, mengatakan Fachrori direncanakan berangkat menuju Jambore Dunia itu pada 28 Juli 2019 (malam)  dan akan kembali ke Tanah Air pada 5 Agustus 2019.

Ia menjelaskan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memberikan kesempatan kepada gubernur se-Indonesia, para ketua kwarda se-Indonesia, dan pengurus Gerakan Pramuka untuk menjadi pengunjung pada Jambore Dunia tersebut.

"Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan berpartisipasi mengirimkan anggota Gerakan Pramuka pada kegiatan Jambore Dunia dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi akan mengirimkan dua orang anggota Pramuka Penggalang Putra pada kegiatan dimaksud," kata dia.

Pada Selasa (16/7), Gubernur Jambi menerima kedatangan dua peserta Jambore Dunia Ke-24 Tahun 2019 dari pihak Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Ilham Harmawan F. dari Kwartir Cabang Merangin dan Ginda Maula Dionanta dari Kwartir Cabang Batanghari.

Keduanya merupakan anggota Pramuka Penggalang Garuda terbaik di Provinsi Jambi yang telah melewati tahapan seleksi ketat di masing-masing kwartir cabang.

Saat menerima kedatangaan Ilham Harmawan F. dan Maula Dionanta, Fachrori berharap, mereka bisa mengharumkan nama Provinsi Jambi dalam Jambore Dunia tersebut.

Pada peringatan Hari Pramuka Nasional, 14 Agustus 2018, di Lapangan Gajah Mada Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Fachrori Umar mendapat anugerah Pramuka Satyawira Utama, yaitu penghargaan kepada kepala daerah yang berjasa dalam mendukung sekaligus membangun Gerakan Pramuka di daerahnya.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Kamabinas) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Baca juga: Gerakan Pramuka Indonesia dapat penghargaan dari Filipina
Baca juga: Sekda Jabar lepas 58 anggota pramuka ke Amerika-Belanda
Pewarta : Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019