Keduanya menyadari bahwa bentuk kerja sama melalui interaksi antar orang sangatlah penting guna saling mengerti dan memahami khususnya di bidang kerja sama pendidikan, pertukaran, seminar maupun konferensi
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, melaksanakan pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Laut Australia (Australian Chief of Navy), Laksamana Madya Vice Admiral Michael Joseph Noonan, di Canberra, Australia, Jumat.

Siaran pers dari Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal), kedua pemimpin Angkatan Laut membicarakan perkembangan hubungan bilateral dan situasi regional khususnya mengenai pentingnya menjaga keamanan maritim.

Pada pertemuan ini, kata Kadispenal Laksamana Pertama TNI Mohammad Zaenal, TNI AL dan Angkatan Laut Australia bersepakat untuk saling meningkatkan kerja sama di bidang latihan serta pelatihan.

"Keduanya menyadari bahwa bentuk kerja sama melalui interaksi antar orang sangatlah penting guna saling mengerti dan memahami khususnya di bidang kerja sama pendidikan, pertukaran, seminar maupun konferensi," kata Zaenal.

Seperti telah diketahui, selama ini hubungan TNI AL dengan Angkatan Laut Australia sudah terjalin sangat baik, dimana hal tersebut diimplementasikan melalui berbagai kerja sama bilateral diantaranya, latihan bersama (Latma) Cassoex Exercise New Horizon dan Ausindo Corpat.

Kedua negara juga aktif berpartisipasi dalam latihan yang melibatkan berbagai negara seperti Latma Multilateral Kakadu dan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang diprakarsai oleh TNI AL.

Selain melaksanakan pertemuan dengan pimpinan Angkatan Laut Australia, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji juga melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Australian Chief Of Defence Force yang dalam kesempatan ini, diwakili oleh Vice Chief of the Australian Defence Force Vice Admiral David Lance Johnston, serta Secretary Department of Defence Gregory Laurence Moriarty.

Kunjungan kerja Kasal beserta Perwira Tinggi TNI AL ke Australia merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya pada November tahun lalu Vice Admiral Michael Joseph Noonan berkunjung serta bertemu KSAL di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Jakarta.

Kemudian pada Mei lalu keduanya kembali melaksanakan pertemuan di atas kapal HMAS Canberra yang sandar di Jakarta, saat moment IPE-2019 (Indo Pacific Endeavour-2019).

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019