SAR evakuasi 40 penumpang kapal kandas di Perairan Bintan

SAR evakuasi 40 penumpang kapal kandas di Perairan Bintan

Operasi SAR terhadap kapal MB Indra Bupala yang kandas di Perairan Lobam, Bintan, Senin pagi. (Foto. SAR Tanjungpinang)

Bintan (ANTARA) (ANTARA) - Basarnas Tanjungpinang, Kepulauan Riau berhasil mengevakuasi 40 penumpang Kapal MV Indra Bupala rute Singapura-Lobam yang kandas di Perairan Lobam, Kabupaten Bintan, Senin (15/7).

"Para penumpang sudah dievakuasi ke Pelabuhan Lobam. Alhamdulillah, semuanya dalam kondisi sehat," kata Kasi Operasional SAR Tanjungpinang, Eko Supriyanto, Senin siang.

Baca juga: Indonesia-Singapura latihan SAR bersama September di Kepri

Sementara crew kapal dari MV Indra Bupala berjumlah delapan orang sampai saat ini masih berada di kapal untuk menunggu pasang laut dan selanjutkan direncanakan lepas dari kandas.

Menurut Eko, kapal yang rutin melayari Singapura-Lobam itu kandas dengan jarak sekitar 2 NM dengan pelabuhan tujuan. Cuaca saat itu hujan deras disertai petir.

“Informasi kejadian ini kami terima dari Lina pada pukul 08.25 WIB. Beberapa saat kemudian unsur SAR gabungan langsung turun menuju lokasi,” ungkapnya.

Unsur SAR gabungan yang melakukan evakuasi meliputi SAR Tanjungpinang, PLP Tanjung Uban, Ditpolair Polda Kepri serta Pos Angkatan Laut Tanjung Uban.

Adapun rincian 40 penumpang dan negara asal yang ada di dalam kapal tersebut, yakni Singapura 16 orang, Indonesia 2 orang, Malaysia 12 orang, Philipina 2 orang, Jepang 1 orang, India 3 orang, Australia 2 orang, UK 1 orang, Perancis 1 orang.

Baca juga: Perahu mesin dengan 15 penumpang hilang di perairan Raja Ampat
Baca juga: SAR Makassar prioritaskan penambahan helikopter

Pewarta : Ogen
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019