Kemah Bakti Pemuda di Tanimbar diikuti 1.000 generasi muda

Kemah Bakti Pemuda di Tanimbar diikuti 1.000 generasi muda

Suasana rapat koordinasi Pemkab Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, dengan ormas, OKP dan paguyuban se-kabupaten itu di Saumlaki, Jumat (12/7/2019). (FOTO ANTARA/Simon Lolonlun)

Saumlaki (ANTARA) - Sedikitnya 1.000 orang generasi muda mengikuti acara Kemah Bakti Pemuda dalam rangka Karya Bakti Skala Besar Kodam XVI/Pattimura, bertempat di Pantai Weluan Olilit Timur, Desa Olilit, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, selama 12-14 Juli 2019.

Para pemuda itu, yang hadir di lokasi kegiatan di Kecamatan Tanimbar Selatan itu, berasal dari sejumlah ormas kepemudaan di wilayah itu, organisasi kepemudaan tiap agama, organisasi kemahasiswaan dan para pelajar.

Dari Saumlaki, Ibu Kota Kabupaten Tanimbar, Minggu, ANTARA melaporkan kegiatan itu juga melibatkan prajurit TNI dan Polri di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yakni 1 satuan setingkat peleton (SST) Yonif 734/Satria Nusa Samudera, 1 SST Kodim 1507/Saumlaki, 1 SST gabungan TNI AL dan TNI AU Satuan Radar Saumlaki, 1 SST Brimob Kompi 3 Bataliyon -C Pelopor Saumlaki, 1 SST Polres Kepulauan Tanimbar, dan juga melibatkan 1 SST gabungan ASN dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Tanimbar.

Kegiatan itu dibuka Perwira Ahli Pangdam XVI Pattimura, Kolonel (Inf) A. J. Waluyo pada Sabtu (13/7) dengan komandan upacara Pasi Log Kodim 1507/Saumlaki Kapten (Inf) Kasrun dan perwira upacara Danramil 02 - 1507/ Saumlaki Kodim, Kapten (Inf) Andalais Ohorella.

Turut hadir dalam kegiatan itu Dandim 1507/Saumlaki, Letkol (Inf) Rahmad Saerodin S.I.P, Kapolres Maluku Tenggara Barat, AKBP Andre Sukendar, S.IK, Kasdim 1507/Saumlaki, Mayor (Inf) M.Ibrahim Sidik Soulisa, kabag di Polres Maluku Tenggara Barat, PJU Kodim 1507/ Saumlaki, Mayor (Inf) Rolando,  pamen Kodam XVI/ PTM, Dankima Yonif 734/SNS Kapten (Inf) Asten Asterius, Danki Brimob Kompi 3 Bataliyon -C Pelopor Saumlaki, Iptu Abraham A.Thenu, serta Komandan Lanal Saumlaki yang diwakili oleh Letda Laut (K) dr.Heka Setio Arianto.

Selain itu, Dansatrad 245/ Nifmasbulur yang diwakili oleh Kapten (Lek) Soni, Asisten II Setda Kepulauan Tanimbar, dr.Edwin Tomasoa, Kadis Perhubungan Kepulauan Tanimbar, Andri Kurniawan, Kepala BPBD Kepulauan Tanimbar, Drs.D.B.Laiyan M.S.I dan sejumlah undangan.

Dandim 1507/Saumlaki, Letkol (Inf) Rahmad Saerodin menjelaskan, kegiatan ini dilakukan berdasarkan surat telegram 151/ BNY No ST/343/2019 tanggal 26 April 2019 tentang perintah merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan program teritorial Kodam XVI/ PTM tahun 2019 serta program kerja Kodim 1507/ Saumlaki TA. 2019 di bidang teritorial.

"Kegiatan ini bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau terpencil dan terluar" katanya.

Pelaksanaan kegiatan ini, menurutnya, dilakukan serangkaian dengan program teritorial lain selama delapan hari yakni dari tanggal 13-20 Juli 2019.

Kegiatan program teritorial Kodam XVI/ PTM tahun 2019 di wilayah Kodim 1507/ Saumlaki dibagi atas dua yakni sejumlah kegiatan fisik seperti kerja sama /gotong royong karya bakti peduli lingkungan, dan penanaman pohon.

Sementara Kemah Bakti Pemuda merupakan bagian dari kegiatan nonfisik bersama sejumlah kegiatan nonfisik yang lain seperti pelayanan kesehatan, pembagian sembako, pendidikan PAUD, perpustakaan keliling dan Babinsa Mengajar, penyuluhan masyarakat, anjangsana, pemutaran film edukasi dan perjuangan serta diskusi kebangsaan.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam amanatnya yang dibacakan oleh inspektur upacara menjelaskan bahwa Kemah Bakti Pemuda ini merupakan bagian dari kegiatan skala besar dalam rangka program teritorial Kodam XVI/Pattimura.

"Ini untuk memajukan generasi muda Maluku dan untuk membentuk kepribadian berahlak mulia, disiplin, dan berjiwa kesatria karena dalam acara Kemah Pemuda Bakti ini, para pemuda dan pemudi selain mengikuti bakti perkemahan, juga akan diberikan beberapa materi," katanya.

Pangdam berharap generasi muda yang terlibat dalam kegiatan itu terus belajar dan aktif melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, menghindari pengaruh-pengaruh negatif di lingkungan sekitar, serta terus memperkokoh komitmen persatuan dan kesatuan Bangsa.

Selama Kemah Bakti Pemuda, pihak penyelenggara mengadakan sejumlah agenda seperti perkenalan senjata atau alat peralatan khusus (alat matsus) TNI AD kepada peserta, peluncuran, rayapan tali satu dan jembatan tali dua, outbound, olahraga bersama, penanaman pohon/penghijauan, pemutaran film perjuangan.

Hendrik Bwarnirun (21) dan Arni Menase Lorulung (21), peserta calon bintara dari Desa Adaut, Kecamatan Selaru yang ikut terlibat dalam kegiatan Kemah Bakti Pemuda ini menilai kegiatan itu sangat bermanfaat bagi mereka sebagai generasi muda yang berada di wilayah pulau terluar.

"Kami merasa senang karena bisa dapat banyak materi seperti pengenalan senjata, berolahraga, dan kegiatan lain-lain. Kami berharap, kegiatan yang baik ini terus dilakukan di waktu-waktu mendatang" katanya.

Kegiatan Kemah Bakti Pemuda itu ditutup dengan acara api unggun dan doa bersama.

Baca juga: KBRI Beijing promosikan tenun Tanimbar di Wuhan

Baca juga: Calon haji Kepulauan Tanimbar dilepas bupati menuju Tanah Suci

Baca juga: Burung kakatua Tanimbar dilepasliarkan ke habitat

Baca juga: Temuan hunian prasejarah di Maluku masih dianalisa

 
Pewarta : Shariva Alaidrus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019