Pekan syawalan TSTJ diwarnai pertunjukan Jaka Tingkir

Pekan syawalan TSTJ diwarnai pertunjukan Jaka Tingkir

Sendra tari kolosal kisah Jaka Tingkir dihadirkan pada puncak pekan syawalan di TSTJ, Surakarta, pada libur Lebaran 2019.(FOTO ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) -
Pertunjukan Jaka Tingkir mewarnai pekan syawalan sekaligus menjadi puncak acara kegiatan pada libur Lebaran 2019 di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Surakarta, Jawa Tengah, Minggu.

Sebelum pertunjukan, acara dimulai dengan kirab Jaka Tingkir dengan rute dari Kelurahan Pucang Sawit menuju Jurug Solo Zoo. Kirab yang juga diikuti oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Sesampainya di Kebun Binatang Jurug, hiburan dilanjutkan dengan sendra tari kolosal kisah Jaka Tingkir dan dilanjutkan dengan "Grebeg Ketupat".

Direktur TSTJ, Bimo Widodo Wahyu Dasir Santoso mengatakan acara berlangsung meriah karena banyak pengunjung yang merasa terhibur dengan pertunjukan tersebut.

"Alhamdulillah acara kirab hari ini berlangsung sukses dan lancar," katanya.

Ia juga mengapresiasi keterlibatan wali kota pada kirab tersebut karena pada tahun lalu hanya Wakil Wali Kota Achmad Purnomo yang hadir untuk mewakili Rudi.

"Itupun tidak ikut kirab, beliau hanya memberikan sambutan," katanya.

Selain terlibat langsung pada kirab, FX Hadi Rudyatmo juga ikut menentukan rute tempuh kirab yang diikuti oleh sebanyak 323 peserta tersebut.

"Rute ini berbeda dari tahun lalu, kalau tahun lalu kan dari UNS ke Jurug. Tahun ini dari Pucang Sawit," katanya.

Sementara itu, yang menarik adalah pangeran atau putra Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Mangkubumi bertugas memerankan tokoh Jaka Tingkir.

Ia mengaku sangat bangga pada keterlibatannya tersebut dan sudah mempersiapkan secara matang agar lancar ketika memerankan tokoh utama.

"Persiapan yang saya lakukan hanya sehari. Sedangkan terkait dengan ritual, sebelumnya saya datang ke makam beliau," katanya.

Baca juga: TSTJ targetkan100 ribu pengunjung pada libur Lebaran

Baca juga: Pengunjung Taman Satwa Taru Jurug membludak
Pewarta : Aris Wasita
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019