Cisarua, Bogor (ANTARA) - Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri menyarankan agar pengendara dengan tujuan Cianjur, Bandung, dan Cimahi melintas pada dua jalur alternatif lain, mengingat kepadatan jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor selama hari Jumat (7/6) atau hari ketiga Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Saya menyarankan agar tidak melalui jalur Puncak. Sebaiknya melalui jalur exit di Cibubur, kemudian tembus di Jonggol, kemudian tembus di Cianjur," ujarnya, di Bogor, Jumat.

Alternatif kedua, yaitu melalui Tol Bocimi, keluar di Cigombong, melintasi Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, kemudian tembus di Cianjur, sehingga tidak ikut menumpuk dengan kendaraan yang bertujuan ke tempat wisata di kawasan Puncak Bogor.

"Jadi tidak akan terjadi penumpukan rute-rute panjang bergabung dengan rute yang memang menuju tempat pariwisata," kata Fadli.

Jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengalami kepadatan volume kendaraan sejak pagi hingga malam hari pada Jumat.

Jadwal satu arah dari Bogor menuju Cianjur semestinya sampai pukul 12.00 WIB ikut molor akibat banyak kendaraan roda empat yang memasuki jalur Puncak. Jadwal satu arah dari Cianjur menuju Bogor baru berlaku sekitar pukul 18.00 WIB.

Hingga pukul 19.00 WIB, kendaraan masih nampak mengantre turun dari arah Cianjur menuju Bogor. Tepat di depan Masjid Attaawun Puncak, kendaraan melintas dengan perlahan.

Kepadatan di jalur Puncak sudah terjadi sejak pukul 07.00 WIB. Ribuan kendaraan terpantau mengarah dari Jakarta menuju Puncak hingga mengakibatkan antrean kendaraan hingga Kilometer 40 Tol Jagorawi.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019