Tahun lalu ditargetkan Rp12 miliar dan tercapat diangka Rp11 miliar atau sekitar 80 persen dari jumlah penduduk Cianjur. Tahun ini harapan kami dapat tercapai sesuai target,
Cianjur (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Cianjur, Jawa Barat, menargetkan pencapaian zakat tahun 2019, sebesar Rp13 miliar yang akan didapat dari 2 juta jumlah penduduk Cianjur.

Kepala Baznas Cianjur, Yosep Umar di Cianjur, Jumat, mengatakan setiap tahunnya tingkat pencapaian zakat yang diserap Baznas Cianjur dari segi nominal mengalami peningkatan.

"Tahun lalu ditargetkan Rp12 miliar dan tercapat diangka Rp11 miliar atau sekitar 80 persen dari jumlah penduduk Cianjur. Tahun ini harapan kami dapat tercapai sesuai target," tambahnya.

"Saat ini masyarakat sudah mengetahui membayar zakat bisa dimulai hari pertama bulan puasa, berbeda dengan tahun sebelumnya warga baru membayar zakat menjelang hari raya," lanjutnya.

Untuk mencapai target yang sudah ditentukan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya seperti lauching zakat yang dilaksanakan pada saat acara memperingati Nuzurrul Quran, bersama dengan berbagai unsur muspida dan tokoh masyarakat.

"Upaya sosialisasi ke masyarakat telah dilakukan sejak jauh hari karena garapan kami adalah mengumpulkan zakat mal serta menyampaikan tentang kewajiban pada orang yang sudah nisab zakat," katanya.

Zakat yang sudah terkumpul, tambah dia akan disalurkan melalui beberapa program yang dimiliki Pemkab Cianjur seperti Cianjur Cerdas, membangun Cianjur makmur dan Cianjur Taqw,a serta Cianjur sehat.

"Dihari ke 15 bulan ramadhan ini, zakat yang sudah terkumpul sebanyak Rp13 juta, semoga saja target pencapaian yang sudah ditentukan dapat tercapai," katanya.
 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019