Perolehan ini sesuai dengan prediksi sebelumnya, yakni sebelum pencoblosan dilakukan pihaknya optimis warga Paser khususnya dan warga Kaltim umumnya masih menaruh kepercayaan ke Partai Golkar, bahkan akan mengantarkan dua wakilnya untuk duduk di Sena
Samarinda (ANTARA) - Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Golkar dapil Provinsi Kalimantan Timur nomor urut 1, Hetifah Sjaifudian memperoleh suara tertinggi di Kabupaten Paser dengan perolehan 9.111 suara yang didulang dari 10 kecamatan.

"Alhamdullilah dan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Kabupaten Paser kepada saya. Semoga saya bisa menjalankan amanah ini dengan lebih baik dari sebelumnya," ujar Hetifah dihubungi dari Samarinda, Senin.

Perolehan ini sesuai dengan prediksi sebelumnya, yakni sebelum pencoblosan dilakukan pihaknya optimis warga Paser khususnya dan warga Kaltim umumnya masih menaruh kepercayaan ke Partai Golkar, bahkan akan mengantarkan dua wakilnya untuk duduk di Senayan.

Menurutnya, hasil beberapa perhitungan suara DPR RI di tingkat Kabupaten sudah menunjukkan hasilnya, yakni Partai Golkar kembali menjadi pemenang.

Selain menjadi pemenang, partai belambang pohon beringin ini juga mengalami peningkatan suara yang signifikan, sehingga hal ini menggambarkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap Golkar masih besar.

Sementara Abu Hasan Rifai selaku Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Paser mengatakan bahwa berdasarkan hasil hitung KPU setempat, Hetifah menjadi caleg DPR RI dengan perolehan suara perseorangan terbanyak.

Perlu diketahui, katanya, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014, Partai Golkar mendapatkan 18.226 suara. Tetapi pada Pemilu serentak kali ini, berdasarkan perhitungan dari 10 kecamatan, suaranya meningkat menjadi 25.496 suara.

Adapun faktor peningkatan suara tersebut apabila dilihat dari data yang masuk, dikarenakan suara Caleg Partai Golkar meningkat tajam, terutama Caleg nomor urut 1 atas nama Hetifah Sjaifudian.

"Hasil Pleno Kabupaten menunjukan Hetifah masih unggul dengan perolehan 9.111 suara. Berbeda dengan Pemilu sebelumnya, Kasriyah dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi pemenang dengan 7.638 suara," ucap Rifai.

Adapun perolehan suara Hetifah di Paser adalah dari Kecamatan Batu Sopang sebanyak 407 suara, Tanjung Harapan 216 suara, Pasir Balengkong 1.545 suara, Tanah Grogot 2.264 suara, Kuaro 851 suara, Long Ikis 1.248 suara, Muara Komam 422 suara, Long Kali 1.017 suara, Batu Engau 1.013, dan dari Kecamatan Muara Samu mendapat 128 suara. 

Baca juga: Anggota DPR apresiasi kecerdasan anak-anak Samarinda

Baca juga: DPR: keterwakilan perempuan di parlemen belum maksimal


 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019