Menristekdikti sebut pusat riset sosial politik perkuat posisi UI

Menristekdikti sebut pusat riset sosial politik perkuat posisi UI

Peresmian gedung pusat riset sosial dan politik FISIP Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). (Humas)

Depok (ANTARA) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan dengan adanya pusat riset sosial dan politik di Universitas Indonesia (UI) akan memperkuat posisi kampus itu di dunia internasional.

"Dengan adanya gedung pusat riset sosial dan politik di UI ini dapat menjadi  modal juga bagi UI yang berada di peringkat ke-292 di tingkat internasional naik menjadi peringkat 200 dunia dalam beberapa waktu dekat," ujar Nasir di Depok, Jawa Barat, Kamis.

Nasir usai meresmikan gedung Pusat Riset Sosial dan Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia pada peringatan Hardiknas mengatakan UI sudah mempersiapkan fasilitas yang lengkap yang dijadikan pusat riset sosial dan politik.

Gedung tersebut merupakan donasi dari pendiri Lippo Group yakni Mochtar Riady. Gedung tersebut memiliki luas 5.184 meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 2.300 meter persegi.

Meski demikian, Nasir menekankan aspek historis gedung tersebut perlu dipertahankan setelah sebelumnya bernama Gedung C FISIP UI.

"Dengan adanya gedung ini, saya berharap minat generasi muda untuk melakukan riset sosial dan politik semakin meningkat. Juga diharapkan riset-riset unggulan lahir di sini," tambah dia.

Pendiri Lippo Group, Mochtar Riady, mengatakan seiring dengan berkembangnya globalisasi, ilmu politik pun kian maju. Oleh karena itu, Universitas Indonesia harus terus mengasah dan memiliki fasilitas terdepan guna mengembangkan program riset unggulannya.

Mochtar mengatakan pihaknya sejak lama memiliki kepedulian dengan dunia pendidikan. Hal itu dikarenakan kesuksesan yang diraihnya saat ini juga berkat pendidikan.

"Kami telah mencanangkan tiga program riset unggulan UI, yakni nanoteknologi, genom dan teknologi informasi komputer," kata Mochtar.

Mochtar menambahka dengan kontribusi seluruh masyarakat di bidang pendidikan, maka Indonesia dapat terus berkembang dan maju.

FISIP UI merupakan salah satu fakultas favorit di UI. Minat anak muda untuk menimba ilmu di FISIP UI cukup tinggi, terlihat dari antusiasme mahasiswa baru yang terus meningkat setiap tahunnya.*

Baca juga: UI GreenMetric berikan penghargaan sepuluh universitas terhijau dunia
Baca juga: UI raih peringkat 80 dunia kampus berdampak sosial ekonomi

 
Pewarta : Indriani
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019