Jakarta (ANTARA) - Asosiasi anggar Jepang, Kamis menyatakan mereka melarang pelatih asal Ukraina Alexander Gorbachuk dari seluruh kegiatan anggar selama satu bulan setelah terbukti melakukan kekerasan terhadap atlet binaannya selama mengikuti Kejuaraan Dunia Anggar di Buenos Aires bulan lalu.

Pihak asosiasi juga mengumumkan bahwa Borbachuk yang mantan juara Eropa itu, dilarang untuk mendampingi atlet selama enam bulan. Padahal pelatih itu sebenarnya telah diprogram untuk menyiapkan tim menghadapi Olimpiade 2020 Tokyo.

Larangan tersebut membuat Gorbachuk tidak akan mendampingi tim Jepang yang akan tampil di Kejuaraan Dunia di Budapest pada Juli mendatang.

Kantor berita Kyodo melaporkan bahwa Gorbachuk melakukan kekerasan terhadap atlet selama mengikuti kejuaraan di Argentina, namun tidak dijelaskan secara rinci kekerasan yang dimaksud.

"Menyusul event pada 2 Maret di Buenos Aires Argentina, kami telah memutuskan untuk menskor pelatih selama satu bulan karena melakukan kekerasan terhadap atlet, " kata asosiasi dalam pernyataannya.

"Dia juga dilarang mendampingi atlet di seluruh kompetisi selama enam bulan. Hukuman dimulai sejak 23 Maret. Kami bertekad untuk menumpas segala bentuk kekerasan. "

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019