280 petugas garap satu kontainer surat suara untuk Muarojambi

280 petugas garap satu kontainer surat suara untuk Muarojambi

Ratusan petugas penyortir dan pelipat surat suara tengah melakukan aktivitasnya di gudang sementara KPU Kabupaten Muarojambi di Gedung Sailun Salimbai Senget Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambii, Kamis (28/3). (Foto:Edison/Komisioner KPU Kab. Muarojambi)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 280 petugas langsung  menggarap satu kontainer logistik Pemilu 2019 untuk wilayah Kabupaten Muarojambi telah tiba di Gudang Komisi Pemilihan Umum setempat di Gedung Sailun Salimbai di Sengeti, untuk dilakukan penyortiran dan pelipatan.

“Kita tidak punya waktu banyak, begitu tiba semalam surat suara langsung dilakukan penyortiran dan pelipatan oleh petugas kami,” kata Komisioner KPU Kabupaten Muarojambi Edison di Sengeti, Kamis.

Untuk pelipatan surat suara dilakukan dengan mengerahkan sebanyak 280 orang yang digeser dari para petuhas Panitia Pemilihan Kecamatan dan PPS di Muarokjambi.

KPU Muarojambi menambah petugas penyortir dan pelipat surat suara itu untuk mengejar target tuntas pada 31 Maret 2019, sehingga awal April 2019 sudah segera bisa diketahui jumlah surat suara rusak dan harus dilaporkan ke KPU Pusat.

"Semalam baru tiba satu kontainer, satu kontainer lagi baru berangkat dari percetakan di Bogor pada Kamis pagi. Dijadwalkan Sabtu bisa tiba di Sengeti," kata Edison.

Sementara itu kedatangan satu kontainer logistik pemilu itu membuat suasana gudang KPU Muarojambi yakni di Gedung Sailun Salimbai Sengeti Kabupaten Muarojambi menjadi lebih sibuk.

Suasana gedung atau aula terbesar di Kompleks Pemkab Muarojambi itu sedikit lenggang, dan hanya ada sekitar 30 hingga 40 orang yang melalukan pengesetan logistik pemilu, sejak Kamis pagi lebih sibuk.

Tidak ada lagi ruang-ruang kosong di gedung pertemuan tersebut. Sebanyak 280 orang langsung sibuk melakukan sortir untuk mengecek dan memastikan surat suara itu tidak rusak, dan selanjutnya melakukan pelipatan.

Setiap orang petugas menghadapi kardus berisi surat suara yang berbagi tugas melakukan sortir dan pelipatan surat suara sesuai dengan peruntukkannya yang disesuaikan dengan daerah pemilihan di daerah itu.

Sementara itu penjagaan dan pengamanan dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Muarojambi dan petugas Polres Muarojambi. Setiap orang yang masuk diwajibkan lapor di petugas resepsionis di pintu depan gedung itu.

Sementara itu jumlah hak pilih pemilu 2019 berdasarkan Data Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Muarojambi sebanyak 276.699 mata pilih yang akan memberikan hak pilihnya di 1.293 TPS yang tersebar di 11 kecamatan di kabupaten itu.
 
Pewarta : Syarif Abdullah
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019