Palembang (ANTARA News) - Tim gabungan Kodim 0405/Lahat, Sumatera Selatn bersama anggota Polres kabupaten tersebut menemukan 137 pil ekstasi di Desa Tanjung Jambu, Kecamatan Merapi Timur.

Selain pil ekstasi juga menemukan 22 gram paket sabu dan alat hisap serta timbangan, kata Danramil 405-02/Merapi Kapten Inf Subianto dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Kamis.

Penemuan itu dilakukan personel Babinsa Koramil 405-02/Merapi Kodim 0405/Lahat, Sertu Eko Suparyoto dan Kopka Arwansyah serta anggota Polres Lahat Brigadir M. Ade.

Selain itu juga ditemukan satu senjata api rakitan laras pendek dengan enam butir peluru.

Penemuan tersebut bermula dari laporan Sukurman pemilik kebun karet tempat ditemukan barang tersebut, bahwa ada 2 unit sepeda motor yang mencurigakan sedang terparkir di kebun karet miliknya.

Dari hasil laporan sekitar pukul 15.00 WIB, ketiga anggota TNI dan Polri tersebut melakukan patroli ke lokasi. Setelah tiba di lokasi mereka melihat dua orang laki-laki dan satu orang perempuan yang berada di dalam pondok kebun karet.

Melihat ada petugas yang datang, ketiga orang terebut melarikan diri meninggalkan pondok kemudian petugas melakukan pengejaran namun kehilangan jejak.

Selanjutnya petugas melakukan penggeledahan di dalam pondok yang ditinggalkan ketiga orang tersebut dan menemukan barang bukti berupa, 72 butir pil diduga extasi warna hijau logo panda, 65 butir pil diduga extasi warna merah non logo, satu kantong besar serbuk kristal putih di duga narkotika jenis shabu seberat 22 gram, lima paket kecil serbuk kristal putih diduga narkotika jenis shabu.

Selain itu juga 1 unit motor jenis Scoopy warna biru serta 1 unit honda modifikasi Trill, 7 unit HP, 1 buah timbangan digital dan 1 pucuk senjata api rakitan jenis Revolver berikut 6 butir peluru, 2 pucuk senjata tajam, 4 kantong plastik bening, 1 set alat hisap shabu.

Barang bukti tersebut kini diamankan di Mapolsek Merapi Barat untuk selanjutnya diserahkan ke Polres Lahat guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Baca juga: Polisi tangkap pengedar ekstasi jaringan lapas di Banjarmasin
Baca juga: Tembak mati belum berikan efek jera bagi pengedar narkoba lainnya
Baca juga: Memburu pengedar narkoba di huntara korban bencana

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019