Pendaftaran SNMPTN diperpanjang hingga 16 Februari

Pendaftaran SNMPTN diperpanjang hingga 16 Februari

SNMPTN Jalur Undangan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir (tengah) berbincang dengan seorang peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan yang melakukan pendaftaran di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (9/6). Ujian SNMPTN 2015 diikuti oleh 852.093 peserta dari 15.317 sekolah di dalam negeri maupun Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Ravik Karsidi mengatakan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diperpanjang hingga Sabtu (16/2) pukul 22.00 WIB.

"Pendaftaran SNMPTN diperpanjang hingga 16 Februari dikarenakan belum semua siswa sekolah yang layak untuk mendaftar, melakukan pendaftaran dan finalisasi pendaftaran SNMPTN," ujar Ravik di Jakarta, Rabu.

Pendaftaran SNMPTN seharusnya dilakukan 4 Februari hingga 14 Februari. Untuk itu dia meminta siswa untuk melakukan pendaftaran dan finalisasi data untuk memanfaatkan waktu yang ada.

Ketua Harian LTMPT, Budi Prasetyo, mengatakan jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 370.878 siswa dan yang login tapi belum mendaftar sebanyak 175.003 siswa. Sedangkan siswa yang sudah mengisi data, tapi belum finalisasi sebanyak 83.009 siswa.

"Kami mengharapkan siswa yang belum mendaftar bisa menyelesaikan dengan baik, malam ini kita tambah servernya 10 dan bandwitch dinaikkan," kata Budi.   

Siswa yang belum finalisasi diharapkan segeran menyelesaikan dan mencetak kartu pendaftaran. Budi juga menyarankan untuk memanfaatkan waktu sore hari hingga pagi untuk melakukan pendaftaran.

Untuk pemeringkatan siswa dilakukan LTMPT berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.

Untuk jurusan IPA yakni Matematika Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.  Sedangkan untuk jurusan IPS yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

Untuk jurusan Bahasa yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing. Sementara untuk SMK yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian.

Pendaftaran SNMPTN bisa dilakukan dengan mengakses http://web.snmptn.ac.id dan memasukkan NISN dan kata sandi. Siswa diminta untuk mengisi biodata serta mengunggah pasfoto resmi. Sedangkan untuk program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dukumen bukti keterampilan yang telah disahkan.

Baca juga: LTMPT Minta Siswa Segera Mendaftar SNMPTN
Baca juga: LTMPT : Pendaftaran SNMPTN dimulai

 
Pewarta : Indriani
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019