Jakarta (ANTARA/Jacx) Saat terjadinya fenomena alam Gerhana Matahari beberapa waktu lalu, beredar informasi melalui media sosial yang mengingatkan agar ibu hamil tidak menonton fenomena alam itu dengan alasan akan terkena radiasi dan mempengaruhi kandungan.

Klaim    : Bahwa Ibu hamil dilarang nonton gerhana karena bahaya. Saat gerhana matahari, ibu hamil harus bersembunyi di kolong tempat tidur agar anak yang ada dalam kandungan tidak belang seperti gerhana yang hitam. Ibu hamil juga tidak boleh keluar rumah karena berbahaya terkena pancaran gerhana.

Rating   Salah/Misinformasi 

Penjelasan :
Dari penelusuran Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengutip dari media, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menegaskan tidak ada hubungan antara gerhana dengan ibu hamil atau sinar matahari yang berbahaya saat gerhana.

Ia mengatakan gerhana matahari tidak memancarkan radiasi yang berbeda dari pada radiasi yang ada pada matahari.  Pada gerhana matahari total radiasi matahari tertutup oleh bulan dan tidak berbahaya.

Cek fakta: Begini cara aman melihat gerhana matahari total

 
Tangkapan layar klarifikasi anti hoaks Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pewarta: Tim Jacx dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019