Hoaks, Warna Pada Kemasan Pasta Gigi Tunjukkan Bahan Yang Digunakan

Hoaks, Warna Pada Kemasan Pasta Gigi Tunjukkan Bahan Yang Digunakan

Ilustrasi.Warga membubuhkan tanda tangan saat berlangsung aksi deklarasi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 Damai oleh Gerakan Pemuda Islam Indonesiadi Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (25/3/2018). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta (ANTARA/Jacx)  Pesan berantai yang beredar di masyarakat diinformasikan tentang kotak warna yang ada di kemasan pasta gigi dan menunjukkan kandungan tertentu dari pasta gigi tersebut.

Klaim    : Setiap kotak pada kemasan pasta gigi dengan warna tertentu menunjukkan bahan yang digunakan untuk pembuatan pasta gigi.
Rating   : Salah/Disinformasi

Penjelasan :
Dari penelusuran yang dilakukan oleh Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebagaimana mengutip media, dijelaskan Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) drg. Hananto Seno, SpBM , kode warna pada kemasan pasta gigi tidak memberikan pengaruh terhadap kandungan bahan untuk membuat pasta gigi.

Ia mengatakan bahwa bahan pembuat pasta gigi telah ada standarisasi bahan yang boleh digunakan dan masyarakat bisa memilih produk apapun sesuai dengan seleranya masing-masing.

Cek Fakta  : hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut 
Cek fakta: Kesalahan saat pakai pasta gigi sensitif
Tangkapan Layar verifikasi Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Pewarta : Tim Jacx dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019