Jakarta (ANTARA News) - Ketua Harian Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengatakan finalisasi data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan hingga 27 Januari.

"Untuk sekolah yang sudah login ke halaman PDSS dan belum menyelesaikan pengisian serta finalisasi data, maka diberikan prioritas untuk menyelesaikannya hingga 27 Januari pukul 18.00 WIB," ujar Budi di Jakarta, Jumat.

Sementara untuk sekolah yang belum login, pendaftarannya tetap ditutup pada 25 Januari. Untuk verifikasi data oleh siswa baru dilakukan pada 27 Januari mulai pukul 18.01 WIB hingga 29 Januari pukul 10.00 WIB.

Pengisian PDSS merupakan langkah awal untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pendaftaran SNMPTN sendiri pada 4 Februari hingga 14 Februari.

"Kami harapkan sekolah yang belum menyelesaikan PDSS, bisa memanfaatkan siswa waktu yang tersedia," kata dia lagi.

Hingga Kamis (24/1), jumlah sekolah yang mengisi data PDSS sebanyak 17.074 dan yang sudah melakukan finalisasi baru 8.235 sekolah. Masih ada sekitar 10.429 sekolah yang berpotensi mengisi PDSS.

Pengumuman hasil SNMPTN akan dilakukan pada 23 Maret 2019. Seleksi masuk PTN terbagi tiga yakni SNMPTN yang berdasarkan nilai rapor, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang merupakan seleksi berdasarkan tes dan terakhir adalah seleksi mandiri.

Baca juga: Seleksi masuk perguruan tinggi negeri kini ditangani LTMPT
Baca juga: Ada kebijakan baru seleksi masuk PTN

 

Pewarta: Indriani
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019