Kami memprediksi pada Januari 2019, bus tersebut mulai beroperasi
Baturaja, Sumsel, (ANTARA News) - Operasional bus sekolah di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan diperkirakan mulai beroperasi mengangkut pelajar di wilayah setempat pada Januari 2019.

"Kami memprediksi pada Januari 2019, bus tersebut mulai beroperasi," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ogan Komering Ulu, Aminelson melalui Kabid Angkutan dan Lalulintas, Saprin di Baturaja, Minggu.

Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu mengenai sosialisasi bus angkutan umum untuk pelajar di wilayah itu.

 "Semoga nantinya pelajar bisa memanfaatkan bus bantuan dari pemerintah pusat tersebut," katanya.

Dia mengemukakan sejauh ini pihaknya masih mengurus dokumen kendaraan seperti mengubah plat nomor bus sekolah tersebut sebelum mulai dioperasionalkan.

"Termasuk laporan ke bupati setempat mengenai bus ini sudah dilakukan pada pekan kemarin," katanya.

Menurutnya bus sekolah sangat dibutuhkan untuk mengangkut pelajar di wilayah itu ke tempat belajar mengingat selama ini Ogan Komering Ulu minim keberadaan angkutan umum tersebut.

Minimnya keberadaan angkutan ini, lanjut dia memaksa para pelajar menggunakan angkutan kota (angkot) hingga bergantungan di kendaraan yang mengancam keselamatan jiwa pelajar itu sendiri.?

"Hal ini disebabkan angkot yang sudah penuh hingga bergantungan di pintu mobil. Banyak juga pelajar memilih jalan kaki karena jika mengandalkan angkutan yang ada, dipastikan akan telat sampai ke sekolah," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Ogan Komering Ulu perbolehkan pegawainya antar anak sekolah di hari pertama

Baca juga: Bank Sumsel Baturaja siapkan mobil kas keliling

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018