Sungailiat (ANTARA News) - Pihak Polair Polres Bangka, Kepulauan Bangka Belitung menyatakan wilayah perairan lautnya aman dari ancaman pencurian ikan oleh kapal asing.

"Sampai saat ini di wilayah perairan laut Bangka relatif aman dari ancaman pencurian ikan oleh kapal asing," kata Kapolres Bangka AKPB M Budi Ariyanto melalui Kasatpolair AKP Elpiadi, di Sungailiat, Jumat.

Menurutnya, tercipta keamanan dan keterbitan di lingkungan perairan laut karena dilakukan sejumlah upaya pencegahan dengan melibatkan lembaga dan organisasi masyarakat terkait.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan lembaga berwenang baik ke pemerintah daerah melalui dinas terkait pihak TNI AL maupun organisasi yang membindangi masyarakat nelayan," katanya.

Dikatakan, jumlah kapal nelayan dengan rata-rata kapasitas dua sampai 10 gross tonnage mencapai lebih kurang 7.000 kapal yang tersebar di sejumlah sentra produksi perikanan pada delapan kecamatan.

"Saya sering mengajak nelayan, pelaku usaha perikanan maupun masyarakat lainnya jika mengetahui ada ancaman pelanggaran keamanan dan ketertiban segera melaporkan ke pos polisi terdekat maupun pos AL setempat agar segera dilakukan penindakan," ujarnya.

Menurutnya, kekayaan bahari yang menyimpan hasil ikan dan sumber daya lainnya harus tetap dijaga dari seluruh ancaman pengerusakan baik pencurian oleh kapal asing maupun kerusakan lingkungan laut.

Baca juga: 18 Armada Kapal Patroli Amankan Perairan Babel
Baca juga: Polair Bangka Barat bagikan takjil ke nelayan

Pewarta: Kasmono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018