Banda Aceh  (ANTARA News) - Penerbit Bandar Publishing akan menerbitkan Buku biografi Hasan Tiro dalam edisi bahasa Inggris menjelang Milad deklarator Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu pada 25 September 2018.

 "Edisi lengkap buku ini diambil dari buku Hasan Tiro; Jalan Panjang Menuju Damai Aceh yang ditulis oleh Murizal Hamzah dengan editor M Adli Abdullah. Buku dalam bahasa Inggris ini hanya 86 halaman," kata Direktur Bandar Publishing, Mukhlisuddin Ilyas di Banda Aceh, Sabtu.

 Ia menjelaskan, buku itu berjudul Why Aceh Opposed Indonesia: A Short Biography of the Founder of ASNLF Hasan Tiro yang diterjemahkan Dr Pamela Allen, dosen di University of Tasmania Australia. 

 "Buku ini menyajikan hal-hal penyebab perlawanan di Aceh yang dilakukan oleh Aceh Merdeka," ujarnya.

  Menurut dia buku tersebut sangat cocok untuk menjadi referensi bagi ilmuwan, intelektual nasional dan asing, karena selama ini buku-buku bertema Aceh mayoritas ditulis oleh peneliti asing dalam bahasa Inggris.

 Ia juga menerangkan buku yang akan hadir di altar pembaca tersebut juga akan memberi pemahaman lain soal cara menguak sebab-sebab terjadinya perang di Aceh sejak 1976-2005. 

 "Mayoritas penulis menyatakan perlawanan yang dipimpin oleh Hasan Tiro karena dipicu masalah ekonomi. Sebaliknya di buku ini diuraikan bahwa perjuangan tersebut karena ideologi etnonasionalisme yang digerakkan Hasan Tiro yang sudah hidup mapan di Amerika Serikat pulang bergerilya, bertema derita," kata Mukhlisuddin.

 Ia menambahkan, bagi yang ingin memiliki langsung buku yang dirilis dalam bahasa Inggris tersebut dapat bertandang langsung ke toko Bandar di Desa Lamgugob, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh dan pada awal Oktober buku tersebut akan beredar di jaringan Gramedia.

 Baca juga: Gubernur Aceh wacanakan pemberian gelar Hasan Tiro
Baca juga: Hasan Tiro Wafat Setelah Mendapat Penguatan Keindonesiaannya

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018