Jakarta (ANTARA News) - Upaya pemadaman kebakaran lahan-hutan di kawasan Gunung Sindoro, di Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, Jawa Tengah, masih berlangsung hingga Minggu siang.

Titik api mulai terlihat di Pos 2 Gunung Sindoro wilayah Kabupaten Wonosobo sejak Jumat (7/9) malam dan apinya kemudian menjalar dari arah wilayah administrasi Kabupaten Wonosobo menuju wilayah Kabupaten Temanggung.

"Luas areal yang terbakar 9,5 Ha, dengan jenis tanaman atau vegetasi hutan yang terbakar adalah tanaman kemlandingan gunung dan semak belukar," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Nugroho, lewat pesan singkat, Minggu.

Sutopo menambahkan, taksiran kerugian akibat kebakaran diperkirakan sebesar Rp1,4 miliar.

"Korban jiwa nihil," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, BPBD Kabupaten Temanggung sedang melaksanakan assetment, droping logistik, dan melaksanakan pemadaman.  

Upaya pemadaman sedang dilaksanakan oleh petugas Perhutani bersama BPBD Temanggung, Kodim 0706, masyarakat dan pecinta alam serta gabungan komunitas relawan dengan Jumlah 219 Personil.

Ia mengatakan, medan yang sulit dijangkau menjadi salah satu kendala upaya pemadaman.

"Juga keterbatasan alat dan angin besar yang arahnya berubah-ubah. Kecepatan angin sampai dengan 30 km/jam," tambah dia.

Jalur pendakian Gunung Sindoro di Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, Jawa Tengah, untuk sementara ditutup sejak Sabtu (8/9) karena kebakaran hutan dan lahan.

Menurut laporan masyarakat, pada pukul 21.00 WIB Jumat malam (7/9) mulai terlihat titik api di Pos 2 Gunung Sindoro wilayah Kabupaten Wonosobo. Api terus merembet ke Timur dan sampai ke wilayah hutan di Kabupaten Temanggung pada pukul 11.00 WIB Sabtu (8/9).

Kemudian Komandan regu (danru) polisi kehutanan (polhut) Suyanto  melaporkan kejadian  kebakaran hutan di Gunung Sindoro, Minggu tanggal 9 September 2018 pukul 06:00 WIB.

Lokasi kejadian di Petak 10-5  RPH Kwadungan, BKPH Temanggung, KPH Kedu utara masuk dalam wilayah administratif pemerintahan Dusun Sibajak Desa Canggal Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung.

Baca juga: Pemadaman kawasan Gunung Sindoro masih berlangsung

Baca juga: Perhutani tutup jalur pendakian Sindoro

Baca juga: Jalur pendakian Sindoro ditutup karena kebakaran

Pewarta: Monalisa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018