Jakarta (ANTARA News) - Produk LG, ThinQ TV,  yang dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) akan mendapatkan fitur Google Assistant di sebagian besar pasar internasionalnya.

Mulai sekarang, Google Assistant akan tersedia untuk ThinQ TV di Kanada, Australia, dan Inggris serta bakal segera dirilis ke Korea Selatan, Spanyol, Perancis, dan Jerman pada akhir tahun ini.

LG ThinQ TV telah terintegrasi dengan Google Assistant saat produk ini dirilis di Amerika Serikat dan akan segera ditambah fitur pendukung untuk fitur perintah suara Alexa.

Teknologi AI dalam ThinQ, yang berjalan lewat WebOS milik LG bisa digunakan untuk menjalankan sejumlah perintah spesifik di TV tersebut, seperti "pencarian untuk soundtrack sebuah film," sedangkan fitur Google Assistant dan Alexa-nya bisa digunakan sebagai hub untuk smart home.

Pada dasarnya Anda bisa menggunakan TV ini seperti Anda menggunakan applikasi Google Home dengan memberikan perintah suara kepada mic yang terpasang di remote ThinQ TV, seperti dilansir The Verge.

LG juga berencana untuk menghadirkan fitur pendukung Amazon Alexa ke Australia dan Kanada dalam waktu dekat, namun belum jelas jadwal persisnya.

Baca juga: Coocaa hadirkan smart TV di Indonesia

Baca juga: TCL rilis AI dan smart TV yang diperluas pada IFA 2017


Baca juga: LG akan pamerkan TV layar OLED 8K 88 inci di CES

Baca juga: TV OLED LG hasil kolaborasi dengan Dolby mulai masuk Indonesia

Penerjemah: Aji Cakti
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018