Jakarata (ANTARA News) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi mengatakan hubungan Indonesia dan Rusia sedang menuju pada tahapan kemitraan strategis berkat kerja sama KBRI Moskow dengan berbagai pihak, termasuk sumbangan warga negara Indonesia disana.

"Hubungan kedua negara terus berkembang di berbagai bidang, khususnya ekonomi, perdagangan, pariwisata, pendidikan dan sosial budaya," kata Dubes Wahid dalam keterangan tertulis KBRI Moskow yang diterima di Jakartra, Ahad.

Menurut dia, salah satu upaya meningkatkan hubungan kedua negara adalah penyelenggaraan Festival Indonesia di Moskow yang untuk ketiga kalinya pada 3-5 Agustus lalu.

Banyaknya warga Rusia berkunjung ke festival yang mencapai lebih dari 135.000 orang dan antusias tinggi peserta dari Indonesia, merupakan bagian dari wujud kerja nyata yang diharapkan dapat lebih meningkatkan kerja sama bilateral di bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata, sosial budaya serta hubungan antar masyarakat kedua bangsa, katanya.

"Kerja kita, prestasi bangsa, sesuai dengan tema peringatan HUT ke-73 RI tahun 2018," kata Dubes Wahid.

KBRI Moskow menyelenggarakan perayaan HUT RI di Moskow yang dirasakan spesial. Sekitar 350 orang WNI yang berada di Rusia, mereka yang kebetulan sedang berlibur di Rusia dan masyarakat Rusia turut hadir merayakan acara yang sangat penting bagi bangsa Indonesia ini. Semua berbaur menyatu dalam kebersamaan.

Selain staf KBRI Moskow, di antara WNI yang hadir adalah mahasiswa, tenaga kerja Indonesia dan rombongan wisatawan dari Indonesia, termasuk beberapa pendaki Gunung Elbrus dari Indonesia. Hadir pula Valery Radchenko, Konsul Kehormatan RI di St. Petersburg dan Leningrad Region, serta para warga Rusia pecinta Indonesia (Indonesianis) dan diaspora Indonesia.

"Selamat hari ulang tahun, selamat hari kemerdekaan. Selalu merdeka di Indonesia, negara besar seperti Rusia dan sahabat Rusia," ujar Vilen Sikorsky yang khusus datang ke KBRI Moskow dengan mengenakan pakaian batik untuk merayakan HUT RI.

Sikorsky merupakan salah seorang Indonesianis yang sudah berusia 86 tahun dan hampir tujuh dasawarsa masa hidupnya tidak lepas dari Indonesia. Dia merupakan seorang ahli Indonesia, peneliti, penerjemah, penulis karya-karya ilmiah tentang sejarah dan perkembangan sastra Indonesia.

HUT ke-73 Republik Indonesia di Moskow diperingati secara meriah dimulai dengan upacara penaikan bendera Merah Putih di pagi hari, dilanjutkan dengan sosialisasi Pemilu 2019, acara ramah tamah dan hiburan masyarakat serta penggalangan dana peduli Lombok.

"Tahun depan, bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Umum. Sebagai WNI di Rusia kita wajib turut menyukseskan Pemilu tersebut, antara lain dengan menunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan menggunakan hak pilih sebaik-baiknya untuk masa depan bangsa Indonesia.Kita boleh beda pilihan, namun kita tetap bersatu sebagai bangsa," tambah Dubes Wahid.

Pewarta: Mohamad Anthoni
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018