Jakarta (ANTARA News) - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mahfudz Siddiq, menyebut Ketua Umum Dpp Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sedang mencari jalan lain menuju Pilpres 2019 dengan cara membuka komunikasi dengan banyak tokoh.
       
"Langkah komunikasi Prabowo dan Gerindra ke SBY, dan sebelumnya dengan Puan Maharani, memang memicu pertanyaan bagi PKS. Apakah ini tanda bahwa Gerindra akan mencari partner koalisi baru dan meninggalkan PKS. Kalau menurut saya, pak Prabowo sedang mencari jalan lain, kalau nggak ketemu ya akan kembali ke PKS," kata Siddiq, di Jakarta, Rabu. 
        
Ia berpandangan saat ini segala kemungkinan serba terbuka untuk urusan calon pesiden-wakil presiden. Hal itu terlihat dari komunikasi politik antarpartai yang makin meluas.
        
Dia mencontohkan, SBY dan Demokrat berikhtiar membangun poros ketiga sebagai jalan bagi Agus Harimurti Yudhoyono untuk maju sebagai capres atau cawapres. Hal tersebut baginya wajar saja, sebab kunci utama Pilpres adalah koalisi partai yang memenuhi syarat presidential threshold 20 persen. 
       
Persyaratan presidential threshold ini, kata dia, yang akan membatasi pilihan-pilihan koalisi capres-cawapres. 
         
"Apakah Prabowo sedang menjajaki kemungkinan AHY sebagai cawapres dengan formasi koalisi Gerindra-Demokrat, mungkin saja. Tapi kalau koalisi kedua partai itu serius dijalin, sangat mungkin SBY harus menyiapkan figur selain AHY," ujar Siddiq.

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018