Volume kendaraan yang melintas pada arus balik ini sudah mulai mengalami peningkatan."
Karawang (ANTARA News) - Sejumlah titik menjelang tempat istirahat (rest area) jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memicu kepadatan pada tiga hari setelah (H+3) Lebaran atau Selasa siang.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Karawang AKBP Slamet Waloya di Karawang, Selasa, mengatakan bahwa pemberlakuan rekayasa lalu lintas melawan arus (contra flow) dilakukan untuk mengurai kemacetan di sejumlah lokasi menjelang tempat istirahat, seperti kilometer (KM) 62, KM 52 dan KM 42.

"Contra flow bertujuan untuk memecah kepadatan di titik-titik menjelang rest area jalan tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta," katanya.

Ia mengemukakan telah menyiagakan petugas di sejumlah lokasi rekayayasa lalu lintas di lokasi awal melawan arus hingga akhirnya, dan sejumlah rambu lalu lintas yang terpasang.

Pada Selasa siang, rekayasa lalu lintas melawan arus diterapkan mulai dari jalan Tol Jakarta-Cikampek pada KM 65 hingga KM 41, atau sepanjang 24 kilometer.

Ia mengatakan, selain menjelang lokasi peristirahatan, kepadatan pada H+3 Idul Fitri 1439 Hijriyah juga terjadi di titik pertemuan arus jalan tol Cipali-Cipularang di kilometer 66 jalan tol Jakarta-Cikampek.

"Volume kendaraan yang melintas pada arus balik ini sudah mulai mengalami peningkatan," demikian AKBP Slamet Waloya.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018