Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono ingin bangsa Indonesia memahami instrumen-instrumen dasar dan pengaman bangsa ini demi masa depan.

Instrumen yang dimaksud adalah Undang-Undang Dasar 1945 dan perundangan di bawahnya, yang dia sebut tidak boleh hilang dari diri setiap anak bangsa.

Setiap anak bangsa terutama generasi muda mahasiswa dan civitas akademika apapun bidang keilmuannya, seberapun sibuknya harus menyempatkan diri untuk mempelajari instrumen-instrumen tersebut.

"Intinya, konstitusi kompatibel dengan semua bidang keilmuan.  Konstitusi juga berperan dan bertugas sebagai penjaga bangsa ini dari pengaruh luar yang negatif yang luarbiasa termasuk memelihara internal bangsa Indonesia," kata Ma'ruf dalam acara di Institut STIAMI Jakarta, dikutip dari keterangan pers.

Ma'ruf berpendapat konstitusi memiliki peran penting dalam menjaga kehidupan dan keutuhan bangsa Indonesia, untuk itu, upaya pemahaman yang benar dan baik serta implementasinya sangat perlu dilakukan oleh seluruh anak bangsa.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018