Banyuwangi, Jawa Timur (ANTARA News) - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mengajak masyarakat membeli kue-kue kebutuhan hari raya buatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Ramadhan dan Lebaran, selain bulan penuh ampunan, juga merupakan momen yang mampu meningkatkan penjualan produk UMKM daerah," kata Puti saat mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, Minggu.

Cucu Bung Karno yang menjadi pasangan Cagub Saifullah Yusuf (dalam Pilkada Jatim 2018 itu mengunjungi Kecamatan Srono dan Rogojampi.

Puti menambahkan, nilai ekonomi saat Lebaran sangat besar. Pada masa Lebaran 2017, berdasarkan data Bank Indonesia, peredaran uang mencapai Rp719,51 triliun se-Indonesia.

"Alangkah dahsyatnya jika kita memprioritaskan belanja kebutuhan Lebaran dengan membeli produk UMKM. Misalnya kue Lebaran, ayo beli produk UMKM yang lebih cocok di lidah kita. Bayangkan jika setiap orang membeli kue Lebaran produk UMKM, nilainya sangat besar dalam membantu ibu-ibu produsen kue skala kecil," kata dosen tamu pada Universitas Kokushikan, Jepang, itu.

Puti mengaku sudah membeli makanan-minuman produk UMKM untuk kebutuhan Lebaran, seperti pia khas Banyuwangi, ledre Bojongoro, minuman sari apel Kota Batu, tahu Kediri, wingko Lamongan, dan keripik tempe Ngawi, lalu manco Trenggalek dan Magetan.

Puti dengan lancar menyebut nama beragam makanan itu karena dia memang pencinta kuliner lokal.

Di Banyuwangi, Puti asyik bercengkerama dengan para penjual kue Lebaran, khususnya di Pasar Rogojampi. Dia menanyai mereka mengenai kue apa yang paling laris saat Lebaran.

Baca juga: Cawagub Puti Guntur kagumi wajah baru Dolly

"Yang paling disenangi bagiak dan bolu kuwuk, Mbak Puti," kata Sulastri, seorang pedagang.

"Oh iya, saya sering makan bagiak, rasanya memang renyah dan lembut di lidah. Kalau bolu kuwuk belum pernah makan, saya beli ya. Satu lagi favorit di sini pia Glenmore, kulitnya sangat lembut dan langsung rontok saat digigit," balas Puti.

Puti menambahkan, UMKM adalah penyangga ekonomi, khususnya kaum perempuan yang menjadi mayoritas pekerjanya. Untuk menguatkan ekonomi UMKM, Puti menyiapkan permodalan mudah dan murah.

"Kami siapkan skema kredit paling murah dibandingkan yang ada saat ini. Secara khusus, Pemprov Jatim akan menggandeng Bank Jatim untuk menghadirkan permodalan termurah, kalau disetarakan bunga sekitar 3 persen per tahun, khusus untuk usaha mikro," kata Puti, didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang sedang mengambil cuti.

Selain kue, kebutuhan Lebaran lainnya juga harus dibeli dari UMKM, adalah busana.

Puti menyebut busana karya desainer Surabaya, Malang, Banyuwangi, dan Jember tidak kalah keren dari karya desainer nasional. Demikian pula batik dan karya bordir Jatim.

"Jadi ayo berbatik ria saat Lebaran nanti, pakai busana produk UMKM," ajak Puti.

 

Pewarta: Masuki M. Astro
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018