Jakarta (ANTARA News) - Sebagian dari Anda mungkin menginginkan hidangan yang sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk dibuat sebagai menu sahur. 

Untuk itu, Chef Bara Pattiradjawane membagikan resep menu hidangan yang bahkan bisa disiapkan dalam 7 menit saja. 

"Siapkan sesuatu yang sangat sederhana. Sebenarnya untuk sahur, orang biasanya sudah terlalu malas untuk memasak. Saat ini saya fokus memasak makanan yang hanya menggunakan 7 bahan, dimasak dalam 7 menit," ujar dia kepada ANTARA News di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Bara memilih hidangan "Daging Sapi Goreng Mentega" yang dia adaptasi dari resep "Ayam Goreng Mentega" pada umumnya. 

Untuk memasak yang lebih cepat, dia menganjurkan Anda menggunakan bagian daging has dalam atau has luar, walau memang harganya lebih tinggi dibandingkan bagian daging lainnya. 

"Kalau mau cepat masaknya, ganti dagingnya degan has dalam atau has luar. Memang harga dagingnya sedikit lebih tinggi," kata dia. 

Untuk bumbu, gunakan bawang putih, kecap manis, kecap inggris, mentega, bubuk cabai dan daun bawang atau perasan jeruk limau misalnya untuk menghasilkan cita rasa agak asam. 

Cara membuat hidangan ini sama seperti menu ayam goreng mentega pada umumnya, yakni, campurkan daging dengan kecap inggris bersama bumbu seperti garam dan bubuk cabai, aduk merata dan biarkan sejenak agar bumbu meresap ke dalam daging. 

Setelah itu, tumis bawang putih lalu masukkan daging dalam tumisan bumbu, aduk rata. Bila daging sudah sedikit mengering, masukkan mentega sebanyak satu sendok makan dan aduk-aduk sampai mentega mencair.

Terakhir, tuangkan kecap manis dan tunggu hingga daging matang. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018