Bogor (ANTARA News) - Ketua Umum Majelis ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin mengatakan pertemuan Ulama Trilateral Afghanistan-Indonesia-Pakistan sebagai upaya tercapainya perdamaian di Afghanistan.

"Kami bersyukur bisa bertemu untuk membicarakan keutuhan saudara-saudara kami bangsa Afghanistan, karena itu kami berharap persatuan menjadi awal dari tercapainya upaya perdamaian di negara saudara kami Afghanistan," kata Ma'ruf Amin saat acara pembukaan pertemuan Ulama Trilateral Afghanistan-Indonesia-Pakistan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Ketua MUI ini menyatakan bahwa apa yang terjadi di Afghanistan juga dirasakan oleh umat Islam di Indonesia.
"karena saudara-saudara adalah bagian sesama umat Islam, Apa yang terjadi di Afganistan juga dapat dirasakan oleh saudara-saudara kami di Indonesia," kata Ma'ruf Amin yang berpidato dalam bahasa Arab.

Ketua MUI ini mengungkapkan bahwa warga negara Indonesia terdiri atas berbagai macam etnis, suku dan agama, namun tetap utuh untuk menjaga prinsip yang kami pegang teguh, yakni Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathaniyah.

"Mudah-mudahan prinsip ini juga dipegang teguh oleh umat Islam di Afghanistan.

Kami berharap dari upaya perdamaian ini akan menemukan 'kalimatun sawa' atau 'mitsaqan ghalidzah' dan 'ittifaqah siyasiyah' di antara saudara-saudara kami lintas faksi di Afghanistan," harapnya.

Ma'ruf Amin berkeinginan pertemuan ini mendorong umat Islam di Afghanistan berishlah karena didasari oleh tanggung jawab keagamaan dan kebangsaan.

Dia juga mengatakan bahwa perdamian dunia juga menjadi tanggungjawab Indonesia karena telah tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

"Kami terus berdoa agar saudara-saudara kami bangsa Afghanistan diberikan anugerah oleh Allah untuk menjadikan negara Afghanistan, negara yang aman, damai dan sejahtera, lahir dan batin," katanya.
Presiden Joko Widodo (tengah) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Ideologi Islam Pakistan Qiblq Ayaz (kanan) disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (kedua kanan) Menlu Retno L.P Marsudi (kedua kiri), Ketua MUI Ma'ruf Amin (kiri) dan Kepala Dewan Ulama Afganistan Qiamuddin Kashaf (ketiga kiri) seusai membuka pertemuan trilateral ulama Indonesia, Pakistan dan Afganistan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/5/2018). Pertemuan trilateral yang diikuti puluhan ulama dari tiga negara tersebut untuk membahas perdamaian dan stabilisasi di Afganistan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)


Baca juga: Presiden Buka Pertemuan Ulama Trilateral Afghanistan-Indonesia-Pakistan

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018