Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran di Perumahan Taman Kota Blok A1, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Jumat pagi, untuk mengecek penyaluran bantuan bagi korban kebakaran.

Anies, yang datang ke lokasi kebakaran bersama istrinya Fery Farhati Baswedan, menuturkan bahwa tenda-tenda bantuan sudah disiapkan untuk korban kebakaran di kawasan pemukiman Taman Kota, yang bermula Kamis (29/3) malam dan berhasil dipadamkan pada Jumat (30/3) pukul 01.00 WIB.

Dia menuturkan bahwa menurut data yang dia terima ada 300 rumah serta 600 keluarga yang terdiri atas 2.500 orang yang terdampak kebakaran itu.

"Saya tadi lihat ke dalam dan habis semua tidak bersisa. Meskipun demikian, saya apresiasi kinerja tim kebakaran yang mencegah kebakaran meluas," kata Anies.

Suku Dinas Sosial Jakarta Barat, menurut dia, telah menyiapkan 2.500 paket makanan dan sudah menyalurkannya. Bantuan seperti pakaian, selimut, dan seragam sekolah, menurut dia, juga sudah disampaikan kepada warga yang membutuhkan.

"Sudin sosial juga sudah menyiapkan tempat pengungsian bagi korban kebakaran, mulai dari musala, balai RW... Dan disiapkan pula tenda-tenda yang merupakan bantuan dari TNI untuk membantu para korban," kata Anies.

Gubernur menyadari bahwa kebakaran juga membuat banyak warga kehilangan surat berharga mereka, dan memastikan bahwa pemerintah akan segera mendapat dan mengganti dokumen warga yang rusak atau hilang akibat kebakaran.

"Saya jamin akan diganti karena ini bagian dari kebutuhan dasar, tanpa ada surat itu mereka akan kesulitan mengurus apapun, maka dari itu nanti Pak Lurah dan Camat akan mendata, kita bantu semua, termasuk biaya akan digratiskan," kata Anies.

Dia juga berusaha menguatkan warga yang kena musibah dengan mengatakan,"Saya katakan memang berat dijalani, kita doakan dan mendukung, serta yang pasti seluruh jajaran Sudin di Jakbar akan all out memastikan semua korban tertangani dengan baik."

Baca juga: Kebakaran di pemukiman padat Jakbar, dua petugas terluka

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018