Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah topik menjadi pemberitaan terpopuler di Antara News pada Rabu (21/3) kemarin, mulai dari First Travel mengeluarkan biaya sampai Rp1 miliar untuk umrah rombongan Syahrini, kondisi Cicaheum Kota Bandung yang tergenang lumpur akibat banjir bandang dan Presiden Joko Widodo tertawa menanggapi prediksi Indonesia akan bubar pada 2030 yang disampaikan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Biaya First Travel untuk rombongan Syahrini sampai Rp1 miliar

Mantan pegawai First Travel mengatakan biro perjalanan itu mengeluarkan biaya sampai Rp1 miliar untuk memfasilitasi rombongan Syahrini  menjalankan ibadah umrah di Arab Saudi.

"Syahrini diberangkatkan bersama 11 orang (anggota keluarga) dengan fasilitas gratis berupa enam tiket bisnis, 12 paket umroh, dengan nilai Rp1 miliar," kata mantan pegawai First Travel, Regiana Azahra, saat menyampaikan keterangan sebagai saksi di Pengadilan Negeri Kota Depok, Jawa Barat, Rabu.

Selain untuk rombongan Syahrini, First Travel juga memberikan fasilitas gratis kepada Vicky Veranita Yodhasoka Shu (Vicky Shu), Yulia Rahmawati (Julia Perez), Ria Irawan dan Merry Putrian.

Jaksa akan panggil paksa Syahrini

Jaksa penuntut umum dalam kasus penipuan dan pencucian uang First Travel menyatakan akan memanggil paksa Syahrini kalau artis yang sudah dua kali tidak memenuhi panggilan untuk memberikan keterangan sebagai saksi dalam sidang itu mangkir lagi.

"Memang sudah dua kali Syahrini dijadwalkan untuk hadir dalam sidang, tapi dia tak pernah datang, kita akan panggil paksa," kata Koordinator Jaksa Penuntut Umum Herry Jerman sebelum sidang perkara itu di Pengadilan Negeri Depok, Rabu.

20 rumah di Cicaheum Bandung tergenang lumpur

Sedikitnya 20 rumah di Kelurahan Jatihandap, Cicaheum, Kota Bandung tergenang lumpur akibat banjir bandang yang terjadi pada Selasa sore.

"Sepuluh rumah di Komplek Alam Resik, dan 10 rumah di Komplek Cluster Jati Asih," ujar Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo dalam siaran tertulisnya, Rabu.

Hendro mengatakan, banjir bandang yang terjadi pada Selasa sekitar pukul 16.30 WIB ini juga sempat membuat arus lalu lintas lumpuh di kedua arah, baik yang menuju Bandung kota maupun Bandung Timur hingga malam hari.

Warga Cicaheum mulai bersihkan material lumpur

Warga Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Cicaheum, Kota Bandung dibantu petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) serta Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung mulai membersihkan lumpur sisa banjir bandang.

Banjir bandang yang terjadi pada Selasa sekitar pukul 16.30 WIB masih menyisakan material lumpur tebal di badan jalan hingga area pemukiman warga.

Satu unit alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum diterjunkan untuk mengangkut material lumpur yang masih menumpuk di jalan. Sementara dua unit mobil Pancar dikerahkan untuk membersihkan sisa-sisa lumpur.

Presiden tertawa tanggapi prediksi Indonesia bubar 2030

Presiden Joko Widodo tertawa menanggapi prediksi Indonesia akan bubar pada 2030 yang dikutip dan disampaikan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam pidatonya.

"Hehehehe... kita memandang ke depan itu dengan rasa optimisme. Kita memandang ke depan itu juga memberikan sebuah harapan lebih baik kepada anak-anak muda kita, kepada rakyat kita," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah membuka acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Perindo di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Rabu malam.

Presiden saat diminta keterangan oleh wartawan perihal tersebut menyatakan bahwa sesulit apapun tantangan yang ada untuk tetap menegakkan NKRI maka harus dilakukan.

Saudi minta Indonesia hormati hukuman mati TKI

Duta Besar Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi meminta pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk memahami dan menghargai sistem hukum di negaranya, terkait hukuman mati terhadap seorang tenaga kerja asal Indonesia karena didakwa melakukan pembunuhan.

"Kami mempunyai hukum sendiri yang didasarkan atas kitab suci Al Quran dan Hadist, yang berlaku untuk semua orang tanpa kecuali, baik warga negara Arab Saudi ataupun orang asing. Jadi saya meminta pemerintah dan warga Indonesia untuk menghormatinya," kata Osama, kepada sejumlah wartawan, pada Rabu malam di Jakarta.

Sebelumnya pada Minggu lalu, otoritas Arab Saudi mengeksekusi mati seorang pria asal Madura bernama Muhammad Zaini Misrin setelah menahan sang terdakwa selama hampir 14 tahun karena kasus pembunuhan. Vonis mati terhadap Zaini sudah dijatuhkan pengadilan setempat sejak tahun 2008.

Hyundai berhati-hati kembangkan mobil swakemudi, imbas kecelakaan Uber

Hyundai Motor mengatakan akan lebih berhati-hati dalam mengembangkan kendaraan otonom (swakemudi) menyusul kecelakan kendaraan Uber yang menewaskan seorang wanita di Amerika Serikat (AS).

Kecelakaan yang melibatkan mobil swakemudi dari perusahaan teknologi AS di Arizona itu merupakan insiden pertama yang menyebabkan korban tewas, sekaligus menjadi perhatian dalam pengembangan teknologi yang diharapkan dapat mengubah dunia transportasi.

Seorang pimpinan di Hyundai Motor, Yoon Sung-hoon, mengatakan masalah keamanan merupakan faktor besar dalam pengembangan mobil otonom, sehingga pabrikan mobil Korea Selatan itu akan "berhati-hati tentang mobil swakemudi yang akan diproduksi massal."

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018