Jakarta (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak generasi muda lulusan perguruan tinggi memanfaatkan perkembangan dunia digital dengan menciptakan lapangan kerja.

Dalam siaran pers yang dipantau di Jakarta, Rabu, Rudiantara mengatakan pemanfaatkan media digital untuk membangun lapangan kerja turut mendorong perekonomian negara.

"Jadi nanti bisa diatur pemberian materi ke mahasiswanya tentang ekonomi digital, terutama saat penerimaan mahasiswa baru," kata dia.

Menurut dia, pendidikan yang dikaitkan dengan kemajuan teknologi informasi komunikasi serta digital akan membuat anak muda lebih kreatif.

Pihaknya juga mengajak generasi muda untuk menciptakan dan menyebarkan konten positif untuk melawan konten negatif seperti ujaran kebencian, berita bohong dan perundungan.

Berdasarkan data pada 2016, jumlah pengguna internet di Indonesia hampir mencapai 50 persen dari seluruh penduduk atau 132,7 juta orang.

Namun, dari jumlah yang besar tersebut banyak pengguna internet masih enggan menyebarkan konten positif.

Kemkominfo juga terus melakukan literasi digital untuk pemanfaatan dunia digital yang lebih baik dengan menggandenga sejumlah pemangku kepentingan.

Rudiantara mengatakan diperlukan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar bisa meningkatkan kemampuan literasi digital sehingga mampu memilah informasi negatif atau positif.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018