Pembangunan kawasan transit terpadu Kampung Rambutan dimulai tahun ini

Pembangunan kawasan transit terpadu Kampung Rambutan dimulai tahun ini

Terminal Kampung Rambutan . (ANTARA /Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan pembangunan kawasan transit terpadu atau Transit Oriented Development (TOD) di Terminal Kampung Rambutan akan dimulai pada 2018.

"Rencananya, tahun ini akan dilakukan ground breaking untuk pembangunan kawasan TOD di Terminal Kampung Rambutan," kata Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Wijatmoko di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, kawasan TOD tersebut akan dibangun di atas salah satu lahan milik Dishub DKI Jakarta, sehingga proses pembangunannya bisa dilakukan dengan lebih cepat.

"Mengenai rencana pembangunan kawasan TOD itu, sudah ada pembicaraan dengan Pak Gubernur (Anies Baswedan) dan Menteri BUMN (Rini Soemarno). Tahun ini bisa dimulai," ujar Sigit.

Sementara itu, dia menuturkan pengembang transportasi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, yakni PT Adhi Karya Tbk meminta agar Pemprov DKI Jakarta membangun jembatan penghubung dari Terminal Kampung Rambutan ke Stasiun LRT Kampung Rambutan.

"Jadi, di kawasan TOD itu nanti semuanya akan diintegrasikan. Ada hunian, kawasan komersil, perkantoran, transportasi berbasis jalan dan rel. Semuanya saling terintegrasi," tutur Sigit.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan integrasi yang akan diterapkan di kawasan TOD tersebut dilakukan mengingat Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah melaksanakan uji coba program OK-OTrip.

"Saat ini, uji coba program OK-OTrip sudah dimulai. Kami akan atur supaya moda transportasi bisa terhubung dengan permukiman warga dan berbagai fasilitas lainnya," ungkap Sigit.
Pewarta : Rr. Cornea Khairany
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018