Kemarin, kubah lava Gunung Agung naik tipis hingga gempa Tasikmalaya

Kemarin, kubah lava Gunung Agung naik tipis hingga gempa Tasikmalaya

Gempa Tasikmalaya Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika terkait peta guncangan gempa bumi Tasikmalaya yang terjadi pada Jumat (15/12/2017) pukul 23.47 WIB. (ANTARA News/HO/BMKG) (ANTARA News/HO/BMKG)

Jakarta (ANTARA News) - Kubah lava Gunung Agung naik tipis, Presiden usulkan enam poin penting di KTT LB OKI, kuasa hukum temui Setya Novanto bahas eksepsi, Palestina sampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia, hingga gempa Tasikmalaya yang berpotensi tsunami menjadi berita kemarin yang layak baca.

1.Kubah lava Gunung Agung naik tipis
Karangasem, Bali (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menerangkan pengisian kubah lava di dasar kawah Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali, mengalami pertambahan atau naik tipis yang terpantau dari citra satelit dan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) saat ini.

Kepala Bidang Mitigasi (PVMBG) I Gede Suantika, di Posko Pemantauan Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem, Jumat, penambahan kubah lava ini menandakan aktivitas magma dari dalam perut gunung masih berlangsung dan masih adanya aktivitas vulkanik gunung setinggi 3.142 mdpl itu.

"Pengisian lava ini yang terpantau dari data satelit sebelumnya jumlahnya sepertiga dari kawah Gunung Agung dengan luas diameter 900 meter dan kedalaman 200 meter sudah terisi material lava vulkanik. Namun saat ini terpantau naik sedikit sekitar seperempat dari volume kawah Gunung Agung yang teramati dari satelit dan menggunakan pesawat tanpa awak yang kami terbangkan tadi," katanya.

Baca beritanya di sini.

Baca juga: Luhut Pandjaitan pastikan Bali masih aman untuk berlibur

2. Presiden Usulkan 6 Poin Penting di KTT LB OKI
(Antara) - 6 poin penting disampaikan Presiden Joko Widodo, saat menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam, OKI, di Istanbul, Turki. 6 poin itu di antaranya, meminta negara anggota OKI secara tegas menolak pengakuan sepihak Amerika, serta tidak memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem.

Selengkapnya di sini.

3. Kuasa hukum temui Setya Novanto bahas eksepsi
Jakarta (ANTARA News) - Firman Wijaya, kuasa hukum Setya Novanto, menemui Setya Novanto di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang Rutan KPK membahas perihal penyusunan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang telah dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Menurut Firman, tim kuasa hukum juga akan membantu Novanto dalam menyusun eksepsi itu.

"Nanti saya mencoba karena kan orang dalam kondisi sakit mungkin tidak banyak yang bisa dilakukan. Kami tentu harus membantu," kata Firman di Gedung KPK, Jakarta, Jumat.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Palestina sampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia menyampaikan terima kasih atas dukungan rakyat dan pemerintah Indonesia yang menolak pengakuan Amerika Serikat terkait dengan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Terima kasih rakyat dan pemerintah Indonesia karena telah mendukung Palestina. Presiden RI Joko Widodo telah menelepon Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan menyampaikan dukungannya," kata pejabat Kedubes Palestina untuk Indonesia Taher Hamad di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya di sini.

5. BMKG keluarkan peringatan potensi Tsunami gempa Tasikmalaya
Jakarta (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 7,3 skala richter (SR) terjadi di 43 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, pada pukul 23.47 WIB, Jumat.

Menurut data Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut berpusat di titik koordinat 8,03 Lintas Selatan (LS) dan 108,04 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 105 km.

BMKG juga merilis gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami di Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Baca beritanya di sini.

Baca juga: Basarnas tegaskan status Tsunami di Jabar dicabut

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2017