Palembang (ANTARA News) - Provinsi Bangka Belitung menawarkan paket wisata bagi peserta Asian Games 2018 melalui program kerja sama dengan Sumatera Selatan.

"Kami bekerja sama dengan agen perjalanan dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Bangka Belitung Rivai seusai paparan di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan, pesta olahraga internasional itu harus dimanfaatkan sebaik baiknya karena ribuan peserta dari luar negeri akan hadir di Sumsel. Potensi pariwisata di Kepulauan Bangka Belitung harus dijual kepada peserta pesta olahraga yang diikuti 45 negara tersebut.

Selain itu, kata dia, potensi wisata Kepulauan Bangka Belitung ditawarkan kepada mereka salah satunya karena di sana banyak pantai yang indah.

Untuk itu ia hadir ke Palembang untuk menawarkan wisata di provinsi yang pernah bergabung dengan Sumsel tersebut.

Sementara itu, Ketua Umun Asosiasi Sale Travel Indonesia (Asati) M Syukri Mahmud mengatakan, potensi pariwisata Kepulauan Bangka Belitung memang cukup bagus sehingga perlu ditawarkan pada peserta pesta olahraga akbar mendatang.

"Asian Games akan menjadi peluang untuk menarik wisatawan mancanegara," ujar dia.

Oleh karena itu sebagai agen perjalanan wisata pihaknya akan memanfaatkan sebaik mungkin kegiatan tersebut yang diharapkan peserta pesta olahraga negara-negara Asia itu tertarik berkunjung.

Dalam pesta olahraga internasional mendatang Asati akan menyiapkan informasi wisata kepada peserta.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017