Anggaran HPN 2018 mencapai Rp25 miliar

Anggaran HPN 2018 mencapai Rp25 miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang berlangsung di Ambon, Maluku, Kamis (9/2/2017). (ANTARA FOTO/Embong Salampessy/)

Padang (ANTARA News) - Anggaran pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Sumatera Barat kemungkinan bertambah Rp9 miliar hingga total mencapai Rp25 miliar.

"Anggaran itu telah diusulkan dan menunggu pembahasan dengan DPRD Sumbar," kata Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman di Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu terkait persiapan pelaksanaan HPN di provinsi itu pada Februari 2018.

Anggaran tersebut digunakan untuk menunjang semua kegiatan pendukung HPN agar sukses dan bisa memberikan manfaat untuk daerah.

Ia optimis dengan anggaran sebesar itu pelaksanaan HPN di Sumbar yang mengusung tema pariwisata, bisa terlaksana dengan sukses dan lancar.

Apalagi, anggaran 2018 diyakini bisa cair pada awal Januari hingga diharapkan tidak ada kendala yang dihadapi, terutama terkait dana.

Sementara itu terkait kegiatan Pra HPN yang terkesan tidak bergaung, hingga belum tersosialisasi dengan baik pada masyarakat, Jasman mengatakan memang belum waktunya.

Kemeriahan HPN akan mulai dirasakan pada minggu pertama Februari 2018, saat pekan HPN digelar dengan sejumlah kegiatan yang melibatkan banyak pihak atau massal.

"HPN ini terbagi pada tiga periode waktu yaitu pra, pekan HPN dan puncak pelaksanaan. Saat ini sudah masuk pada pra HPN dengan kegiatan tersebar pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kabupaten/Kota," kata dia.

Sosialisasi pelaksanaan juga dilakukan melalui spanduk, yang akan terus diperbanyak agar kemeriahan lebih terlihat dan kegiatan juga diketahui oleh masyarakat.

Sementara untuk undangan menurut dia akan disebar pada Januari 2018. Namun belum menyertakan rangkaian kegiatan, terutama pada hari puncak.

Hal itu dikarenakan acara puncak rencananya dihadiri presiden, sehingga rangkaian kegiatan harus menyesuaikan dengan jadwal presiden.

Paling cepat rangkaian kegiatan itu baru diketahui satu minggu sebelum hari puncak.

Jasman meminta semua pihak yang terlibat, aktif untuk ikut mensosialisasikan kegiatan HPN 2018.

Sementara itu Sekretaris Provinsi Sumbar Ali Asmar yang juga ketua umum pelaksanaan HPN di Sumbar mengatakan persiapan pelaksanaan kegiatan itu terus dimatangkan agar bisa berjalan sesuai rencana.

"Semua berjalan baik. Tidak ada kendala yang berarti. Mudah-mudahan pelaksanaannya nanti sukses," kata dia.
Pewarta : Miko Elfisha
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2017