Pariaman, Sumbar (ANTARA News) - Jasa penyewaan alat selam lebih laris selama libur Lebaran di Pulau Angso Duo, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Penyewaan alat selam mengalami peningkatan, terutama para wisatawan yang datang dari luar daerah," kata Anton (33) salah seorang penyedia jasa alat selam, di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan untuk satu paket alat selam dihargai Rp50 ribu, dengan perlengkapan meliputi pelampung, masker, sepatu dan fin atau kaki katak.

Peningkatan tersebut ujar dia, bisa mencapai hingga 30 paket per harinya. Pada umumnya ujar dia, para penyewa datang dari daerah Bandung, Medan, Palembang, Riau bahkan ada yang datang dari luar negeri.

"Pada hari kedua dan ketiga libur lebaran para turis dari Jerman dan Malaysia juga menyewa alat selam di sini," ujar dia.

Ia menilai tingginya permintaan para wisatawan dikarenakan wisata bahari daerah itu yang cukup eksotis sehingga memicu para wisatawan untuk menikmati wisata bawah laut.

Namun, kata dia, jika dibandingkan libur Lebaran 2016, jasa penyediaan alat selam mengalami penurunan peminat. Pada libur Lebaran tahun lalu alat yang disewa mencapai 60 paket per harinya, tapi sekarang hanya 10 paket saja.

Sementara itu Nurul (20) salah seorang wisatawan asal Palembang mengaku cukup puas dengan pelayanan dan penyediaan alat selam di Pulau Angso Duo.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017