Bengkulu (ANTARA News) - Warga Muslim di wilayah Padang Guci, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, melaksanakan tradisi jamuan makan dan doa bersama sanak famili dan tetangga yang disebut "jamu bulan roh" untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Hampir seluruh warga desa di Kecamatan Padang Guci Hulu masih menjalankan tradisi menjamu famili dan tetangga untuk menyambut datangnya bulan puasa menurut Noprianto, warga Desa Manau IX, Kecamatan Padang Guci Hulu.

"Jamu bulan roh" dilakukan sejak dua minggu sebelum datangnya Ramadhan. Dalam tradisi itu, setiap keluarga bergiliran menggelar acara jamuan makan dan doa bersama untuk memohon berkah selama bulan puasa.

Menuruut Noprianto, satu keluarga biasanya mengundang kerabat dan tetangga sekitar untuk menghadiri jamuan makam selepas magrib.

Pihak keluarga yang memiliki hajatan biasanya akan menyampaikan maksud, keinginan, tujuan, harapan serta doa untuk keluarga yang masih hidup maupun yang sudah meninggal saat "jamu bulan roh".

"Setelah keluarga pemilik hajatan menyampaikan maksud maka biasanya ditanggapi oleh adik sanak serta tetangga yang hadir," katanya.

Ia menambahkan setelahnya semua yang hadir akan berdoa bersala, lalu saling memaafkan.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017