Surabaya (ANTARA News) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengusulkan pembentukan koperasi khusus bagi para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jatim.

"Koperasi ini nantinya tidak hanya untuk kepentingan sosial, tapi juga mampu memberi bantuan bagi para pensiunan untuk terus produktif," ujarnya di sela pelepasan menjelang Purna Tugas bagi ASN di Surabaya, Selasa.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, secara tegas meminta Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi untuk membentuk kelompok bagi pensiunan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Sekdaprov Jatim juga harus ikut membantu masalah keuangan atau anggarannya, salah satunya dengan pertemuan dilakukan dua tahun sekali," ucapnya.

Menurut dia, potensi para purna tugas sangat luar biasa karena pada dasarnya masih produktif sehingga dengan adanya kelompok atau koperasi pensiunan akan semakin meningkatkan perekonomian, terutama di lingkungan keluarga.

"Jadi bila ada yang sakit bisa saling menjenguk, sekaligus memberi pinjaman kepada para purna tugas yang ingin berwirausaha," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jatim Siswo Heroetoto mengatakan kegiatan pelepasan ini sebagai wujud penyampaian terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian para ASN yang telah memberikan kontribusi dalam pembangunan Jatim.

Berdasarkan catatannya, total ASN di lingkungan Pemprov Jatim yang akan pensiun selama 2017 berjumlah 1.204 orang.

Pada kesempatan kali ini total ASN yang mengakhiri masa tugasnya dalam waktu dekat berjumlah 175 orang, rinciannya pejabat eselon II jumlahnya dua orang, eselon III ada empat orang, eselon IV ada 13 orang, dan staf 156 orang.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017