Bandung (ANTARA News) - Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan sudah menerjunkan personel untuk memburu pelaku perampokan di kantor jasa pengisian kas uang ATM PT. Suadarma Sarana Informatika di Jalan Raya Subang-Bandung, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis dini hari.

"Masih (memburu pelaku), masih dilidik," kata Yusri melalui telepon seluler, Kamis.

Ia menuturkan, aksi pencurian dengan kekerasan itu diduga melibatkan lima orang menggunakan satu unit mobil sambil membawa senjata api diduga jenis FN.

Pelaku kemudian menyekap petugas satpam dan meminta untuk menunjukan tempat penyimpanan uang, selanjutnya masuk ke dalam dan menyekap petugas lainnya.

Satpam dan dua pegawai lain dalam kantor tersebut diikat tangan kebelakang menggunakan tali plastik, kemudian mulut dan mata ditutup lakban selanjutnya dikumpulkan ke ruangan tengah.

"Dua orang pelaku lainnya menggunakan sajam (senjata tajam) masuk ke ruangan mess, kemudian menyekap dua orang karyawan," kata Yusri.

Ia mengatakan, pelaku juga masuk ke ruangan admin yang di dalamnya terdapat dua karyawan, yang satu orangnya berhasil melarikan diri.

Karyawan tersebut lalu memberitahukan kepada karyawan lain yang rumahnya tinggal dibelakang kantor tersebut, selanjutnya memberitahukan kepada polisi.

"Kemudian Aipda Dani Maulana bersama tiga orang rekan anggota lainnya mendatangi TKP (tempat kejadian perkara) dan tiba di TKP sekira pukul 04.30 Wib," katanya.

Personel polisi sambil membawa senjata api masuk ke dalam kantor dan mendapati karyawan dalam keadaan disekap, sedangkan pelaku sudah melarikan diri.

"Pelaku sudah tidak ada di TKP diduga pelaku melarikan diri dengan membawa uang dua miliar dua ratus lima puluh juta rupiah," kata Yusri.

Ia menambahkan, hasil olah tempat kejadian perkara dan pemeriksaan sejumlah saksi bahwa ciri-ciri pelaku berbadan tinggi rata-rata 170 cm, dua diantaraya berbadan tegap, memakai penutup muka sambil membawa senjata api dan tajam.

Barang bukti lain yang diamankan yakni satu linggis, tiga telepon seluler, tali plastik, lakban bekas yang digunakan untuk menutup mulut dan mata korban, dan sisa uang di ruang penyimpanaan uang berjumlah Rp8,9 miliar.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016