Bandung (ANTARA News) - Sekitar 6.000 pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Jawa Barat memainkan angklung bersama-sama di halaman Gedung Sate Bandung dalam rangkaian acara Hari Angklung, Minggu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Ida Hernida menjelaskan Hari Angklung atau Angkling Day merupakan acara tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat yang ditujukan untuk meningkatkan kecintaan dan kepedulian terhadap alat musik tradisional angklung.

Kegiatan itu, ia melanjutkan, merupakan wujud nyata upaya masyarakat Jawa Barat dalam memelihara dan mengembangkan seni angklung.

"Kita ketahui bersama, tahun 2010 Angklung ditetapkan oleh UNESCO, sebagai warisan budaya tak benda. Ini tentunya merupakan sebuah kebanggaan bagi kita sebagai warga Jawa Barat bahwa seni angklung telah diakui oleh masyarakat dunia," kata dia.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ia menjelaskan, akan terus berupaya meningkatkan dukungan terhadap kegiatan berkesenian, termasuk seni angklung.

"(Harapannya) Ini menjadi motivasi bagi pelatih/pengajar, pelajar, mahasiswa untuk terus mencintai seni khususnya seni angklung," kata dia.


Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016