Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 12 lembaga Islam bersama puluhan tokoh dan cendekiawan Muslim menggelar "Syawalan Akbar" atau Halal bi Halal Akbar 1437 Hijriah di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Rabu.

Ketua Panitia Halal bi Halal Akbar 1437 Hijriah Ahmad Juwaini mengatakan acara tersebut penting untuk menjalin silaturahim di antara lembaga dan individu guna menyelesaikan persoalan umat yang semakin kompleks.

Menurut dia, persoalan umat tidak bisa ditangani secara sendirian. Maka dari itu, harus dilakukan kerja sama yang baik dan sinergi di antara umat Islam guna meraih kebangkitan, kemajuan, memerangi kemiskinan dan persoalan lainnya.

Acara bertema "Sinergi Umat untuk Kebangkitan dan Kemandirian Bangsa" tersebut dihadiri perwakilan lembaga Islam di antaranya Forum Saling Sapa, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia, Majelis Ulama Indonesia, Dompet Dhuafa dan Forum Zakat.

Acara juga dihadiri delegasi Badan Amil Zakat Nasional, Rumah Zakat, Sinergi Foundation, PPPA Darul Quran, Masyarakat Ekonomi Syariah, Inisiatif Zakat Indonesia dan The ESQ Way 165.

Beberapa tokoh dan cendekiawan juga menghadiri acara Syawalan tersebut seperti mantan Presiden BJ Habibie, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua MPR RI Amien Rais dan mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016