Sidoarjo, Jawa Timur (ANTARA News) - Jalan Raya Porong, Sidoarjo, tergenang air setinggi 40 centimeter sehingga kendaraan yang akan melintasi jalan ini harus mengurangi kecepatan supaya tidak terjebak banjir.

Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Hengki Listria Adi mengatakan banjir terjadi akibat luapan air sungai di sekitar jalan ini.

"Hujan yang terjadi di wilayah ini sejak semalam hingga pagi tadi membuat sungai yang ada di sekitar Jalan Raya Porong meluap sehingga terjadi banjir," katanya Kamis.

Ia mengemukakan, akibatnya kendaraan roda dua maupun roda empat terpaksa berjalan pelan-pelan.

"Selain mengakibatkan genangan air di Jalan Raya Porong, hujan tadi malam hingga pagi tadi tersebut mengakibatkan lumpur yang ada dalam kolam penampungan di titik 67 sempat meluber," kata dia.

Sehingga, lanjut dia, lumpur bercampur air dalam tanggul sempat meluber ke luar tanggul dan mengancam menggenangi permukiman warga yang masih tinggal di sekitar tanggul.

"Sampai dengan pukul 10.30 WIB tanggul yang ada di titik 67 tersebut sudah bisa diatasi dengan cara dipasang karung pasir dan juga pagar bambu supaya tidak terjadi luberan yang lebih besar," katanya.

Sementara itu, jalur rel kereta api di daerah sampai saat ini masih aman untuk dilintasi mengingat posisi rel kereta api masih lebih tinggi dari pada rel kereta api.

"Untuk jalan rel kereta api masih aman," kata Humas PT KAI Daop 8 Suprapto.


Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016