... ini bonbin milik pribadi, saya akan pelajar dan cari upaya hukum. sementara itu Ayo lawan dengan #BoikotBonbinBDG...
Bandung (ANTARA News) - Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil, menyerukan suara kepada warga dengan tanda pagar #BoikotBonbinBDG terkait kematian Gajah Yani, salah satu satwa di Kebun Binatang Bandung melalui akun jejaring media sosial instragramnya, yakni @ridwankamil.

"Barusan kabar masuk. Gajah yang tadi pagi ditengok yang bernama Yani ini mati jam 18-an. ;( Karena ini bonbin milik pribadi, saya akan pelajar dan cari upaya hukum. sementara itu Ayo lawan dengan #BoikotBonbinBDG," ujar pria yang akrab disapa Emil dalam akin instragramnya @ridwankamil, Rabu (11/5) malam.

Hingga Kamis, sekitar pukul 05.00 WIB, tercatat ada 2.385 komentar dari netizen terkait kiriman Kamil tentang kematian gajah sumatera (Elephas maximus sumatrae) bernama Yani di akun instragram tersebut.

Sebelumnya Yani, yang menjadi salah satu satwa penghuni Kebun Binatang Bandung dinyatakan mati setelah kondisinya sempat kritis.

Gajah berusia 34 tahun itu lumpuh, terbaring di jerami serta terlindung terpal berwarna biru selama satu pekan lebih serta dinyatakan mati pada Rabu sekitar pukul 18.00 WIB di Kebun Binatang Bandung.

Kebun Binatang Bandung bukan milik pemerintah setempat melainkan dikelola yayasan swasta di atas tanah milik pemerintah setempat secara sewa. Di dalam akun facebook-nya, Kamil menyatakan telah berkali-kali menegur manajemen kebun binatang itu agar memperbaiki tata kelolanya. 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016