Djakarta 1/5/1963 (Antara) - Hari ini, hari tanggal 1 Mei 1963,adalah hari jang sangat penting, jang dapat ditjatat sebagai titik peristiwa sedjarah dalam rangka perdjuangan dan revolusi bangsa Indonesia.

Betapa tidak, Pada hari ini setjara resmi keadaan bahaja diseluruh wilayah Indonesia dihapuskan, keadaan bahaja jang telah berlangsung beberapa tahun dinegara ktia, bahkan sejak ktia memproklamirkan kemerdekaan kita pada tahun 1945.

Pada hari ini djuga, di Kotabaru Irian Barat dilangsungkan timbangterima pemerintahan atas Irian Barat dari UNERP kepada republik Indonesia. Mulai hari ini setjara de jur dan de facto kemerdekaan kita telah mendjadi bulat dari Sabang sampai Merauke, meliputi seluruh bekas wilajah Nederlands Indie dahulu.

Atas hasil2 ini semua, saja atas nama Pemerintah dan seluruh rakjat Indonesia, menjampaikan rasa terima kasih dan penghargaan jang se-tinggi2nja kepada seluruh aparatur pemerintah baik pusat ataupun daerah, khususnya angkatan bersendjata, serta seluruh lapisan masjarakat.

Perdjoeangan masih djauh daripada selesai, masjarakat jang adil dan makmur jang kita idam2kan bersama masih belum tertjapai, kekuasaan2 kolot - konvensionil, kaum kolonialis dan neo-kolonealis jang di Indonesia telah berhasil kita obrak-abrikan, masih tetap ada disekeliling kita dan akan tetap berusaha memperlemah kedudukan dan memetjah belah negara dan bangsa Indonesia. 

Sumber : Pusat Data dan Riset ANTARA /pdra.antaranews.com/Twitter : @perpusANTARA 


Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2016